/ September 25, 2018/ BERITA

Ditjend Pendidikan Islam kembali mengadakan Anual International Conference on Islamic Studies (AICIS). Acara tahunan dilaksanakan di Palu Sulawesi Tengah yang kebetulan IAIN Palu berkesempatan menjadi tuan rumah AICIS ke XVIII ini.

Menag RI Lukman Hakim Saifudin membuka acara AICIS secara resmi di kampus IAIN PALU Sulawesi Tengah

Panitia mengusung tema “Islamic in Globalizing Word: Text, Knowledge and Practice” sebagai pembahasan. Praktik keislaman di Asia Tenggara menjadi kajian utama yang dibedah dalam berbagai disiplin ilmu. Antusiasme peserta yang hadir dalam gelaran AICIS kali ini datang dari PTAI se – Indonesia maupun luar negeri.

Hal yang menarik dalam AICIS ke XVIII ini adalah dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin yang secara langsung berkesempatan membuka acara secara resmi. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan. Yang pertama, Pimpinan perguruan tinggi harus memikirkan bagaimana menjadikan kampus yang mampu mengintegrasikan sains dan teknologi, Yang kedua adalah terkait dengan maraknya isu-isu sosial keagamaan yang mengganggu kerukunan akan umat beragama. Ketiga, selama konferensi berlangsung narasumber dan peserta memikirkan kontribusi apa yang dapat dilakukan untuk perdamaian dunia. Dalam kesempatan ini, beliau juga berharap, AICIS dapat membahas terkait isu-isu tersebut sekaligus memberikan pemecahan solusi atau tindakan yang dapat memberikan keharmonisan antar umat beragama.

Acara AICIS kali ini juga menghadirkan pembicara utama antara lain Prof. Dr. Dominik M. Muller peneliti Max Planck Institute for Social Anthropology Jerman, Ken Kimchi, Ph.D dari Waseda University Jepang dan Prof. Dr. Sher Banu Al Khan dari National University of Singapore

Acara AICIS kali ini juga menghadirkan pembicara utama antara lain Prof. Dr. Dominik M. Muller peneliti Max Planck Institute for Social Anthropology Jerman

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M. A.g., beserta wakil rektor II Dr. H. Agus Purnomo, M. A.g.,  wakil rektor III Dr. Saifulloh juga ikut menghadiri acara tahunan tersebut.

Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M. A.g. juga turut menghadiri acara AICIS di IAIN PALU

Setelah acara dibuka secara resmi oleh Meteri Agama Lukman Hakim Sifuddin, kegiatan selanjutnya akan diadakan diskusi panel dengan berbagai topic pembahasan meluas, antara lain, pendidikan, ekonomi, budaya, antropologi, politik, qur’an hadits, sains dan teknologi, bahasa, serta topic penting lainnya.