Ponorogo – Sore itu hari yang membahagiakan bagi civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pasalnya baru saja memiliki Lapangan Bola yang representatif berstandar nasinal. DR. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag; Rektor IAIN Ponorogo meresmikan penggunaan lapangan bola yang berlokasi di Kampus II IAIN Ponorogo, tepatnya di Desa Pintu, Kec. Jenangan Kab. Ponorogo pada Sabtu (09/03).

Lapangan Bola IAIN PONOROGO diresmikan Rektor.

 

“Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa IAIN Ponorogo bukan saja tempat untuk belajar ilmu agama, tetapi juga mengembangkan olahraga dan seni,” kata Rektor.

Rektor menuturkan saat ini kampusnya memiliki 8.500 mahasiswa tersebar di 4 Fakultas dan Pascasarjana dengan 20 program studi yang terus berkembang. “Masyarakat mulai bangga menjadi bagian dari IAIN yang kini sedang berikhtiar mentransformasikan diri menjadi Universitas Islam Negeri (UIN),” katanya.

Lapangan Bola di bangun di area Kampus II di atas tanah 12 Ha dengan anggaran DIPA IAIN Ponorogo senilai 3,5 milyar. Di kampus dua telah berdiri bangunan megah untu Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Rektor IAIN PONOROGO melakukan prosesi tendang bola di Lapangan Bola IAIN Ponorogo

 

Tendangan Bola Rektor menjadi tanda penggunaan lapangan bola secara resmi. Peresmian dirangkai dengan Pembukaan Turnamen Sepakbola SLTA se-eks Karesidenan Madiun yang di gelar pada tanggal 9-24 Maret 2019 dan diikuti oleh 29 SLTA.

Rektor berharap dengan dibangunnya lapangan bola ini menambah daya tarik adik-adik kita di Madrasah Aliyah, SMA dan SMK di wilayahnya untuk masuk melanjutkan studi di IAIN Ponorogo. “IAIN Ponorogo tidak saja mengembangkan olah pikir dan olah rasa tetapi juga olahraga,” ujar Rektor.

Ruchman Basori, S.Ag M.Ag; Kepala Seksi Kemahasiswaan Diktis Ditjen Pendidikan Islam mengatakan IAIN Ponorogo adalah satu diantara 58 PTKIN yang kini memiliki lapangan bola yang berstandar nasional. “Semoga menjadi momentum membangkitkan peradaban olahraga di Indonesia di tengah mulai bangkitnya olahraga di negeri ini,” katanya.

Peresmian lapangan bola yang dirangkai dengan pembukaan Turnamen Sepak Bola SLTA se-eks Karesidenan Madiun dihadiri oleh para pejabat dan sivitas akademika. Nampak hadir DR. Saifulloh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, DR. Basuki Wakil Rektor I, DR. Dr.Agus Purnomo Wakil Rektor II, Para Wakil Dekan III, Fachruddin, MM Kabag Umum dan segenap pejabat lainnya. (kontributor RB/dod pendis.kemenag.go.id)