Mengawali kegiatan perkuliahan tahun akademik 2019/2020, IAIN Ponorogo menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Mengambil tema “Modernisasi Islam dengan Spirit Pergerakan Mahasiswa untuk Keutuhan NKRI”, Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari, yakni 5-9 Agustus 2019. PBAK IAIN Ponorogo kali ini diikuti oleh 2.888 mahasiswa baru.

Suasana PBAK 2019 Fakultas Syariah IAIN Ponorogo di GOR IAIN

Aji Binawan Putra selaku ketua DEMA dan ketua panitia dari PBAK Institut menyebutkan bahwa tema kali ini diambil dengan tujuan agar mahasiswa dapat terus menjaga keutuhan NKRI “Jadi, alasan kami mengambill tema itu karena mahasiswa harus menjadi agen moderasi yang pintar memilih organisasi mahasiswa atau minimal mengetahui ormas Islam yang baik seperti apa. Islam juga banyak sekali golongan. Mahasiswa harus tau Islam yang baik itu seperti apa, entah itu moderat, golongan, atau nusantara. Untuk menggapai tujuan itu, mahasiswa harus punya spirit yakni spirit pergerakan yang dimiliki mahasiswa. Tujuan akhir dari spirit pergerakan itu adalah untuk keutuhan NKRI dan Ideologi pancasila.” Jelas Aji, Ketua DEMA IAIN Ponorogo.

Ngaji Kebangsaan oleh Prof Akh. Muzakki,M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D selaku guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya

Selain PBAK yang dilaksanakan bersama-sama, IAIN Ponorogo juga melangsungkan kegiatan PBAK per Fakultas. Empat Fakultas mengambil empat tempat yang berbeda. Melanjutkan kegiatan sebelumnya, PBAK fakultas ini bertujuan untuk menekankan dan menjabarkan lebih lanjut nilai dari tema besar yang telah diangkat Institut.

  1. PBAK Fakultas Syariah (FASYA). Bertempat di Gedung Olahraga IAIN Ponorogo yang berlokasi di area Mahad, diikuti oleh 442 Mahasiswa Baru dengan bertemakan “Spirit Gerakan, Pembela Bangsa, Penegak Agama”. Tema ini bertujuan untuk menanamkan Gerakan Mahasiswa yang Moderat sebagai pembela bangsa serta sebagai penegak agama.
    Nafiatul Mualifa sebagai Ketua Panitia menegaskan kegiatan PBAK Fakultas Syariah ini dilakukan dengan prinsip-prinsip keagamaan dan sosial.
  2. PBAK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FATIK). Pada Tahun perkuliahan 2019/2020 ini mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mempunyai jumlah yang paling banyak dari fakultas-fakultas yang lain. Bertempat di Graha Watu Dakon, kegiatan PBAK ini diikuti oleh 1.531 mahasiswa baru dengan mengambil tema Internalisasi Nilai Moderasi Islam terhadap Kosntruk Sosial Mahasiswa. Kahiral Anam sebagai ketua panitia menuturkan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa baru yang tidak melupakan sosial kemasyarakatan dengan landasan Islam.
  3. PBAK Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Diikuti oleh 242 Mahasiswa Baru, PBAK fakultas ini dilaksanakan di gedung Indrakila IAIN Ponorogo dengan mengambil tema FUAD Moderat dan Berbudaya. Kegiatan ini didesikan untuk membentuk mahasiswa baru yang Moderat dan berbudaya, tutur Ramadhan ketua Panitia PBAK Fakultas.
  4. PBAK Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Bertempat di area Kampus II IAIN Ponorogo, kegiatan FEBI ini mengambil tema “Membangun Idealisme Mahasiswa FEBI yang Kritis dan Transformatif dalam Bingkai KeIslaman dan Kebangsaan sebagai Generasi Muda Pembela Bangsa Penegak Agama”.

 

-Humas IAIN Ponorogo-

#IAINPonorogo
#PBAKIAINPonorogo #MahasiswaPonorogo #MahasiswaIAIN#MahasiswaBerprestasi #FasyaIAIN #FatikIAIN #FuadIAIN #FebiIAIN
#MahasiswaHits
#NKRI