Mari lebih baik dan Islam Keindonesian,  pesan pembukaan Masa Orientasi Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo 2019.

Berjejeran beberapa orang sedang mengantri di meja. Hal tersebut nampak pada kamis siang 22 Agustus 2019. Mereka adalah mahasiswa baru pascasarjana yang sedang mengantri untuk registrasi Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020. Acara yang berlangsung selama dua hari ini mengambil tema “Mahasiswa Di Era Disrupsi : Refleksi & Aksi”.

Tercatat ada 127 Mahasiswa baru pascasarjana tahun ini yang terdiri beberapa prodi yaitu Magister Ekonomi Syariah,  Magister Manaj. Pendidikan Islam, Magister Ahwal Syakshiyyah, dan juga Magister Pendidikan Bahasa Arab. Mereka secara bergantian menggoreskan tinta nya untuk melakukan registrasi guna mengkitui acara pembukaan di lantai 3 Gedung Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Acara yang di hadiri oleh pihak Rektorat yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bapak Dr. Basuki, M.Ag. dan juga Wakil Rektor II, Bapak  Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.dan juga Direktur Pascasarjana Dr. Aksin, M.Ag. bertujuan untuk memberikan pengenalan dan informasi mengenai PascaSarjana IAIN Ponorogo.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini, Bapak Dr. H. AGUS PURNOMO, M.Ag memberikan titik berat untuk menjadikan kegiatan ini sebagai pondasi untuk mewujudkan hal yang lebih baik untuk semua, khususnya untuk mahasiswa Pascarasjana. Hal tersebut menurut beliau karena sekarang tahap dari mereka sudah bukan mahasiswa sarjana ( S1 ) lagi, tapi sudah meningkat levelnya menjadi mahasiswa Magister (S2 ).

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan materi yang pertama yang langsung diberikan oleh Direktur Pascasarjana, Dr. Aksin, M.Ag. dengan materi Islam dan Keindonesiaan. Sebagai turunan dari tema besar acara ini, materi Islam dan Keindonesiaan ini menitikberatkan disrupsi Islam di Indonesia dan pembahasan Islam Nusantara, di mana menurut beliau hal ini penting karena Islam Nusantara penting ditekankan di era sekarang ini.

Begitu serius dan menyenangkan pembahasan tentang Islam dan Keindonesian,  sehingga dalam   acara selanjutnya pada tanya jawab dari para Mahasiswa Pascasarjana banyak yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis. Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul dari realita-realita yang meraka hadapi di keseharian yang direfleksikan dengan keilmuan Islam dan Keindonesian ini. Semua terjawab dengan gamblang dengan pembabaran  Dr. Aksin, M.Ag.
___________________________________
Visit us at:
Website : www.iainponorogo.ac.id
Facebook : IAINPonorogo
Instagram : @humas_iain_ponorogo
Twitter : @Ponorogo_IAIN