Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Bersama LPM IAIN Ponorogo

Dalam rangka menghadapi perkuliahan semester gasal tahun akademik 2019/2020, Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Ponorogo mengadakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pascasarjana lantai 3, hari Selasa dan Rabu (13-14 Agustus 2019).

Dr. Hj. S. Maryam Yusuf M.Ag selaku Rektor IAIN Ponorogo membuka acara Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Basuki, M.Ag serta Dr. Mukhibat, M.Ag selaku Kepala Lembaga Penjamin Mutu IAIN Ponorogo

Diikuti oleh 80 dosen, baik dosen PNS baru mau pun dosen baru non-PNS di lingkungan IAIN Ponorogo, Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan kegiatan yang sangat penting bagi dosen terutama bagi dosen yang baru mengajar di semester ganjil 2019/2020. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Hj. S. Maryam Yusuf  M.Ag selaku Rektor IAIN Ponorogo bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Basuki, M.Ag serta Dr. Mukhibat, M.Ag selaku Kepala Lembaga Penjamin Mutu IAIN Ponorogo.

Para peserta Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester yang terdiri dari dosen PNS dan non-PNS

Instrumen penting dalam perkuliahan selain dosen dan mahasiswa ialah penyusunan RPS yang tepat sesuai bidang kompetensinya. “RPS merupakan instrument penting bagi perkuliahan karena RPS merupakan manajemen pembelajaran yang penting serta berpengaruh terhadap penyusunan borang.” Tutur Dr. Mukhibat, M.Ag. “Adanya beberapa aduan dari dosen tentang sulitnya menyusun RPS menjadi salah satu alasan diadakannya workshop ini” tambahnya.

Dr. Basuki, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan ikut memberikan materi dalam Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester

“RPS harus disusun oleh pakar dosen yang berkompeten, hanya metode atau cara penyusunan RPS yang harus ditingkatkan serta diberikan kepada dosen-dosen di IAIN Ponorogo. dosen harus membuat kontrak kuliah dengan mahasiswa sebelum mengajar. Dosen juga harus bisa menggunakan metode mengajar yang efektif dan efisien di era 4.0. selain itu dosen juga harus memiliki kepribadian serta berpakaian yang baik karena menjadi contoh untuk mahasiswanya.”, harapan Dr. Hj. S. Maryam Yusuf M.Ag selaku, Rektor IAIN Ponorogo. Dengan pakar-pakar dosen yang telah berkompeten di bidangnya serta manajemen yang baik melalui RPS diharapakan dapat menjadi metode pembelajaran yang baik bagi mahasiswa-mahasiswi di IAIN Ponorogo. (Humas IAIN Ponorogo)

 

Translate »