Perkuat koordinasi melalui FGD, IAIN Ponorogo Tingkatkan Administrasi Kearsipan dan Kehumasan

Guna untuk meningkatkan administrasi persuratan/kearsipan dan juga soal kehumasan, IAIN Ponorogo melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan Pengelolaan Administrasi Umum (Tata kelola Persuratan dan Kehumasan) Senin sampai Selasa, 14-15 Oktober 2019. Bertempat di Hotel Merah Telaga Sarangan, Magetan. Dalam pembukaannya, Ibu Rektor IAIN Ponorogo yang menghadiri langsung acara ini mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggarakannya acara ini. Beliau mendukung penuh kegiatan seperti ini guna meningkatkan kualitas IAIN Ponorogo.

Ibu Maryam memberi arahan untuk melaksanakan acara ini dengan baik dikarenakan keadministrasian merupakan hal penting sebuah institusi. Selain itu, Kehumasan perlu ditata karena sebuah institusi juga terkenal karena Humasnya. “Kehumasan perlu ditata, sebab institusi itu terkenal karensa kehumasannya. Baik kehumasan secara internal maupun juga kehumasan secara eksternal”, demikian arahan Ibu Rektor.

Acara FGD ini berlangsung selama dua hari, dengan mendatangkan dua pembicara dari dua bidang berbeda sesuai focus diskusi. Pertama adalah Muhammad Mahyudin, S.H. M.A., pembicara dalam diskusi mengenai kehumasan. Kepala Bagian Tata Usaha UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini memberikan pengalaman-pengalamannya mengenai kehumasan yang selama ini dilakukan di lingkungan kampusnya. Hal-hal teknis disampaikan, khususnya mengenai pengelolaan informasi melalui media sosial. Pentingnya memfokuskan pengelolaan informasi melalui media massa dikarenakan era saat ini tak lepas dari perkembangan informasi yang cepat melalui sosmed. Generasi sekarang banyak menggunakan media sosial sebagai alat untuk mendapatkan informasi menjadi sebab kita harus intens mengelola media social. Dengan data-data yang rinci dan detail beliau menjelaskan kesemuanya itu.

Yang kedua, sebagai pembicara dalam bidang administrasi persuratan(kearsipan) adalah Isti’lamah Laili, S.Sos. beliau Arsiparis Teladan Kementerian Agama (Kemenag). Administrasi persuratan era sekarang ini perlu ditata dengan baik, mengingat kearsipan menjadi bagian penting sebuah kegiatan. Perempuan yang keseharian mengurus kearsipan di IAIN Surakarta ini memberikan pengarahan-pengarahan teknis mengenai kearsipan, dan memberikan informasi pembaharuan-pembaharuan mengenai kearsipan. Peraturan-peraturan terbaru mengenai teknis dan terobosan yang dilakukan guna menanggulangi permasalah  yang mungkin terjadi.

Dua pembicara professional tersebut memberi pembelajaran dan gambaran untuk meningkatkan kehumasan dan kearsipan di lingkungan IAIN Ponorogo. Banyak ide dan gagasan muncul dari peserta FGD sendiri setelah mengikuti materi keduanya. Selain itu diperlukan koordinasi lebih lanjut dari semua pihak yang terlibat. Program-program terbaru juga diperlukan guna meningkatkan kearsipan dan kehumasan di lingkungan IAIN Ponorogo. Hal tersebutlah yang menjadi Focus Group Discussion pada hari kedua acara ini. (Humas IAIN Ponorogo).

Visit us at:
Website : www.iainponorogo.ac.id
Facebook : IAINPonorogo
Instagram : @humas_iain_ponorogo
Twitter : @Ponorogo_IAIN

Berita Lainnya