Menu Tutup

Penguatan Pengabdian kepada Masyarakat: Proses dan Luaran

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu komponen pada Tri Darma Perguruan Tinggi. Tapi sayangnya keberadaannya secara konsep maupun praktek masih belum banyak dipahami secara benar oleh sebaian civitas academia.

Pada hari jum’at hingga sabtu tanggal 17-18 Januari 2020 LPPM IAIN Ponorogo mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan Temu Alumni dan Workshop Penyusunan Artikel Jurnal Ilmiah dari Hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Masjid dan Masyarakat “Lingkar Masjid” binaan Prof. Dr. Mufidah Cholil, M.Ag guru besar UIN Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Women Leadership Center (WLC) el-Shavia Jl. Simpang Neptunus No. 8 Dinoyo Malang ini dipandu langsung oleh beliau Ibu Mufidah. Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari LPPM Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Timur baik Negeri atau Swasta. Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan identifikasi keberadaan dan progress PkM di perguruan tinggi serta tujuan peserta untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Pada malam harinya kegiatan masuk pada materi penyusunan artikel jurnal ilmiah yang berasal dari pengabdian kepada masyarakat. Prof Mufidah menyampaikan kondisi saat ini bahwa artikel jurnal hasil PkM kebanyakan masih seperti laporan hasil PkM. Sehingga beliau menekankan pentingnya adanya pembahasan yang berisi tentang pemaknaan dan penafsiran hasil analisis data yang membandingkan dengan hasil-hasil temuan PkM sebelumnya, pengintegrasian hasil PkM ke dalam kumpulan pengetahuan yang sudah mapan, penyusunan teori baru atau modifikasi teori yang sudah ada serta menyusun implikasi hasil PkM secara teoritik maupun empirik. Dari situ beliau juga menekankan penggunaan teori-teori yang relevan dengan tema PkM yang diangkat. Tanpa adanya itu akan sangat sulit artikel dapat publis pada jurnal yang terakreditasi nasional apalagi jurnal internasional bereputasi dan terindex scopus.

Di hari kedua kegiatan bertajuk sharing, tentang problema PkM yang dihadapi oleh masing-masing perguruan tinggi, baik dari segi proses maupun luaran kegiatan PkM. Pada sesi ini sampai pada tahap kesimpulan untuk melaksanakan RTL dengan melaksanakan kegiatan pelatihan community development dan penulisan artikel ilmiah hasil pengabdian.

BERITA TERKAIT

Translate »