Menu Tutup

Webinar Sosialisasi PDSS, memberikan informasi PDSS dan Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo

IAIN Ponorogo. Guna terus memberikan informasi yang berkelanjutan mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru, IAIN Ponorogo mengadakan sosialiasi mengenai Pangkalan Data dan Siswa atau biasa disingkat PDSS. Seperti diketahui PDSS digunakan sebagai data dalam Penerimaan Mahasiswa Baru lewat jalur Span-PTKIN. Berbeda dengan tahun sebelumnya, sosialisasi kali ini dilakukan secara virtual menggunakan zoom meeting. Sebagai peserta sosialisasi ini adalah Guru BK dari SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah di Ponorogo dan sekitarnya.

Sosialisasi PDSS kali ini dikemas dalam bentuk webinar sebanyak dua kali. Selain memberikan informasi mengenai PDSS dan profil kampus IAIN Ponorogo, pada webinar ini juga diberikan informasi tambahan yang tentunya bermanfaat untuk sekolah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah sederajat.

Pada webinar batch-1yang dilaksanakan Kamis 28 Januari 2021, pemaparan informasi mengenai IAIN Ponorogo dilakukan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Ahmadi, M.ag. Dalam kesempatan ini beliau menjelaskan mengenai profil dari kampus IAIN Ponorogo. Diantara kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh IAIN Ponorogo antara lain, merupakan Kampus Negeri PTKIN, biaya kuliah yang terjangkau, serta mempunyai Akreditasi Institusi B. IAIN Ponorogo menerapkan Uang Kuliah Tunggal atau UKT, sehingga mahasiswa akan terbebas biaya-biaya studi lain selama kuliah seperti bebas uang pengembangan kampus, bebas biaya KKN/KPM, bebas biaya PPL/Magang, bebas biaya skripsi, bebas biaya ujian, dan bebas biaya wisuda. Di IAIN Ponorogo juga memberikan kesempatan para mahasiswanya untuk memperoleh berbagai beasiswa, antara lain Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Beasiswa Tahfidz, Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Bank Rakyat Indonesia, dan Beasiswa Baznas.

Selain hal di atas, kuliah di IAIN Ponorogo juga didukung  berbegaia fasilitas yang mumpuni, diantaranya Kampus yang representatif, mempunyai Mahad Al-Jamiah (Putra dan Putri), Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Peradilan, Laboratorium Zakat Infaq & Sedekah, Laboratorium Pendidikan Terpadu, Laboratorium Falak, Laboratorium KPI, Laboratorium Kewirausahaan, Minibank, Gedung Olah Raga, Stadion Sepak Bola, dan tentunya Free Hot Spot Area.

Dalam kesempatan webinar batch 1 ini, juga diberikan materi tambahan dan menghadirkan langsung narasumber yang kompeten. Yaitu mengenai “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dan Guru BK dalam Melaksanakan Program Merdeka Belajar”. Sebagai pemateri adalah Dr. Praptono, M.Ed. selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI. Dalam kesempatan kali ini, beliau memberikan informasi mengenai peran Kepala Sekolah dan Guru BK dalam menerapkan Program Merdeka Belajar. Beliau juga memberikan materi-materi apa saja yang perlu dipersiapkan Kepala Sekolah beserta jajarannya guna mencapai Merdeka Belajar tersebut.

Selanjutnya adalah pemberian materi PDSS, yang pada kesempatana kali ini dipaparkan oleh Edi Irawan, M.Pd. selaku Wakil Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo. Beliau menjelaskan mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam pengisian PDSS oleh Guru BK. Disampaikan juga beberapa perbedaan dengan tahun lalu. Dikesepatan itu juga dilakukan tanya jawab dengan peserta sosialisasi. Dalam tanya jawab tersebut berlangsung dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan dari Kepala Sekolah dan Guru BK dihimpun dan dijawab satu-persatu. Hal ini guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai PDSS dan profil IAIN Ponorogo.

Pada kesepayan webinar batch-2, Rabu 10 Februari 2021, Rektor IAIN Ponorogo Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag. berkesempatan untuk menyapa hangat para peserta sosialisasi kali ini. Peserta webinar berasal tidak hanya dari sekolah di Ponorogo saja, tetapi juga dari sekitar Ponorogo seperti Madiun Kota dan madiun Kabupaten, Ngawi, Bojonegorom Magetan, Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Nganjuk, dan beberapa daerah lain. Dalam penyampainya, Ibu Rektor berterimakasih kepada Kepala Sekolah beserta Guru BK yang selama ini sudah membantu dalam proses PDSS dan Span PTKIN pada umumnya. Silaturahmi oleh Ibu Rektor tersebut disambut dengan baik oleh para peserta sosialisasi. Terlihat dari jawaban para peserta di zoom dan juga di fitur chat zoom.  Hal ini guna terus menjalin silaturahmi yang baik antara IAIN Ponorogo dan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

BERITA TERKAIT