Menu Tutup

Ngaji Nusantara “Merawat Kebhinekaan dengan Bingkai Keagamaan”

Ponorogo, 11 Maret 2021 DEMA Institut Agama Islam Negeri Ponorogo menggelar acara Ngaji Nusantara “Merawat Kebhinekaan dengan Bingkai Keagamaan” di Gedung Graha Wathoe Dhakon. Acara kali ini dimeriahkan oleh Teater Podjok Ukm Seiya dan Habsyi Kontemporer Ukm Uki Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Sebagai Keynote Speaker hadir juga Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Ngaji Nusantara “Merawat Kebhinekaan dengan Bingkai Keagamaan” Bersama KH. Muhammad Jadul Maulana selaku Pengasuh Pondok Budaya Kaliopak Yogyakarta, Wakil Ketua Lesbumi PBNU, Pengurus PWNU DIY.

“Almahdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan nasi nusantara ini bertepatan dengan peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Kondisi adanya pendemi ini kurang lebih sudah satu tahun, marilah kita tetap menjaga cara beragama yang baik salah satu dengan kegiatan Ngaji Nusantara seperti sekarang ini.” Keynote Speaker yang disampaikan oleh Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. selaku Rektor IAIN Ponorogo.

“Islam Damai itu mengembangkan kebudayaan, Islam datang itu menjadi rahmat, tanda rahmat melingkupi suatu bangsa kalua kedudukan bangsa itu berkembang. Menjadi Rahmat itu budaya dimunculkan, contohnya ulama2 itu mengajakkan agama dengan budaya atau Bahasa masing-masing daerah. Ulama Jawa mengajarkan kitab kuning diartikan dengan bahasa Jawa begitu pula ulama Sunda dan lain sebagainya.” Sedikit ulasan yang disampaikan KH. Muhammad Jadul Maulana.

BERITA TERKAIT

Translate »