Menu Tutup

Penutupan Kegiatan Ramadhan UKM UKI ULIN NUHA RM IAIN Ponorogo 1442 H

Pada hari Rabu, 5 Mei 2021 pukul 14.00 di Masjid IAIN Ponorogo tepatnya di Masjid Ulin Nuha, Masjid Ulin Nuha dimeriahkan oleh UKM UKI ULIN NUHA. Acara di Masjid Ulin Nuha ini awali dengan khataman Al-Quran oleh pengurus dan anggota UKM UKI ULIN NUHA. Khataman Al-Quran selesai pukul 16.45. Dilanjutkan kuliah tujuh menit (kultum) pada pukul 17.00 yang bertemakan “Malam Lailatul Qadar” . Kultum ini disampaikan oleh saudara Ilham pengurus UKM UKI yang sebelumnya sudah terjadwal. Ringkasan dari kultum yang disampaikan saudara Ilham adalah sebagai berikut :

“Malam Lailatul Qadar”
Lailatul Qadar atau Malam Kemuliaan adalah malam diturunkannya Al-Qur’an oleh Allah dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini dilukiskan lebih baik daripada 1.000 bulan. Diriwayatkan, Nabi Muhammad menganjurkan umat Islam mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Kisah Lailatul qadar terekam melalui firman Allah dalam surah Al-Qadr ayat 1-5. Demikian mulianya malam lailatul qadar seperti disebutkan melalui surah Al-Qadr. Bahkan, kemuliaannya itu mampu melebihi jumlah seribu bulan. Dalam Al-Qur’an, tidak ada keterangan pasti tentang kapan lailatul qadar terjadi. Nabi Muhammad sendiri diriwayatkan menganjurkan umat Islam untuk mencari malam kemuliaan ini pada 10 hari terakhir Ramadan, baik dalam redaksi “sembilan atau sepuluh hari terakhir Ramadan” (H.R Muslim) atau “tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadan” (H.R. Bukhari). Oleh karena itu, pada malam 10 hari terakhir ramadhan pada tanggal ganjil kita harus memperbanyak ibadah kepada Allah SWT untuk mendapatkan malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan ini.

Dilanjutkan acara berbuka bersama pengurus, anggota, teman teman dan pembina UKI serta Rektor IAIN Ponorogo dengan makanan dan minuman yang telah disiapkan oleh para donatur IAIN Ponorogo.

Memasuki sholat isya’ kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih yang di Imami oleh Bapak Abbas serta Bilal oleh saudara Ashif yang sudah terjadwal sebelumnya. Setelah sholat tarawih selesai dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Bapak Abbas. Kegiatan penutup pada Rabu, 5 Mei 2021 yaitu dengan Majelis Sholawat dan pembacaan simtudduror. Alhamdulillah kegiatan UKI ULIN NUHA ini berjalan dengan lancar dan baik. Semoga kita masih bisa bertemu di Ramadhan tahun depan dan bisa melaksanakan kegiatan kegiatan yang insyaallah bermanfaat. Aamiin ya rabbal ‘alamin. (UKI ULin Nuha IAIN Ponorogo)

 

BERITA TERKAIT

Translate »