Refresmen Dosen Pengajar PPD Daljab 2021

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo menggelar Refreshment dosen untuk Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan guru Pendidikan Agama Islam dan Madrasah tahun 2021. Kegiatan ini dilakasanakan di Aula Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Rabu 02 Juni 2021. Dan diikuti puluhan dosen yang siap menjadi pengajar PPG tahun 2021.

Untuk tahun ini Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) IAIN Ponorogo pada gelombang pertama ini mendapatkan mahasiswa program guru Pendidkan Agama Islam sebanyak 27 dan program Guru Madrasah sebanyak 125. Dalam sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Moh Munir, M.Ag menyampaikan bahwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berkomitmen dalam melahirkan guru-guru yang berkualitas dan profesional.

“Kami menginnginkan dosen Pendidikan Profesi Guru dapat mengaktualisasikan ilmunya dan mengawal PPG ini hingga melahirkan guru yang profesional,” ujar Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Selain Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan acara kali ini diikuti secara virtual oleh Rektor IAIN Ponorogo sekaligus membuka acara untuk dimulainya program PPG Daljab LPTK IAIN Ponorogo.

 

Acara pertama ialah pengenalan mengenai program aplikasi yang digunakan untuk PPG Tahun ini. Dengan sepenuhnya pembelajaran secara daring PPG Daljab tahun ini menggunakan sistem LMS.

Hadir secara virtual bapak Agung Laksono selaku team IT Pusat untuk menjelaskan secara singkat bagaimana dosen akan menggunakan system LMS ini dan masing-masing mahasiswa akan memperoleh ilmu yang diberikan masing-masing dosen.

Dr. H. Agus Maimun, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berbagi cerita secara langsung mengenai suka dan duka saat melaksanakan program PPG Daljab. Beliau bercerita secara langsung kekurangan pelaksanaan PPG Daljab tahun-tahun sebelumnya di seluruh Indonesia.

“karena pelaksanaan PPG Daljab tahun ini murni dilakukan secara daring, akan mengalami kendala sulitnya sinyal bagi beberapa mahasiswa yang akan mengikuti. Karena PPG Daljab diikuti oleh seluruh Indonesia dengan fasilitas pelayanan internet yang berbeda-beda” terangnya.

“PPG Daljab akan melahirkan guru-guru yang pastinya akan mengalami perubahan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang begitu juga dengan ekonomi dari masing-masing guru yang dinyatakan lulus.” Ujar bapak Agus Maimun.

Sesi terakhir diisi oleh dosen IAIN Ponorogo yakni Zamzam Mustofa, S.Pd.I.,M.Pd yang secara langsung memberikan contoh dan mengenalkan materi LMS (Learning Management System) untuk dosen PPG Daljab tahun 2021. (Humas IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya