Menu Tutup

Sinergi dengan Pimpinan PTKIN, Rektor IAIN Ponorogo Kunjungi IAIN Metro dan UIN RIL

Sebagai jembatan untuk terus memperkuat sinergi antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri maka diperlukan silaturahmi yang kuat. Hal ini nampak pada kunjungan Rektor IAIN Ponorogo ke beberapa PTKIN di area Sumatra. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. melakukan kunjungan ke IAIN Metro dan juga UIN Raden Intan Lampung, Selasa 14/9/2021.

Dalam kesempatan kunjungan ke IAIN Metro, Rektor IAIN Ponorogo bertemu langsung dengan Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag. Ada ikatan kuat antar keduanya. Hal tersebut karena kedua rektor perempuan ini dilantik bersamaan dan langsung oleh Gus Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (02/03/2021). Dalam momen tersebut, mereka berdua diamanahi langsung oleh Gus Menteri untuk memimpin perguruan tingginya menuju semakin lebih baik.

Rektor IAIN Ponorogo disambut langsung oleh jajaran pimpinan IAIN Metro. Diantaranya , Dr. Dri Santoso, M.H.  selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Mahrus As’ad, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, serta Koordinator Bagaian Umum Dra Mugi Hastuti dan Agus Hamdani, S.Ag., M.H. Kedua beliau selaku Koordinator Bagian Perencanaan dan Keuangan diruang tamu rektor gedung rektorat lantai II IAIN Metro. Ramah tamah dilakukan dengan saling bertukar pemikiran untuk kemajuan PTKIN.

Pada kesempatan ini, pembicaraan antar kedua rektor tersebut juga membahas mengenai persiapan untuk menuju alih status IAIN menjadi UIN. Saling tukar pemikiran perlu dilakukan guna mempercepat alih status IAIN menjadi UIN. Selain topik tersebut, kedua rektor perempuan ini juga membicarakan mengenai tema yang juga penting di era sekarang ini, yaitu Perguruan Tinggi Responsif Gender. Di era sekarang diperlukan suatu kebijakan nyata dimana perguruan tinggi harus mendukung penuh dan responsif tehadap gender. Kebijakan yang mendukung dan memberi perhatian lebih untuk menyejajarkan kesenjangan yang terjadi antar gender. Kesetaraan gender harusnya nampak dan didukung langsung oleh perguruan tinggi dengan mengaplikasikan dalam segi kehidupan di kampus.

Rasa bangga dan harapan dihaturkan oleh Rektor IAIN Metro, Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag. atas kunjungan Rektor IAIN Ponorogo ini, “Suatu kehormatan bagi seluruh sivitas akademika IAIN Metro atas kehadiran ibu rektor di kampus IAIN Metro. Kami merasa bangga atas kunjungan Ibu rektor IAIN Ponorogo berkenan untuk berkunjung ke IAIN Metro. Semoga kunjungan ini memberikan keberkahan serta sebagai langkah bersama untuk melangkah menuju UIN”.

Sinergi selanjutnya yang dilakukan bersama Pimpinan PTKIN ini adalah dengan berkunjung ke UIN Raden Intan Lampung. Ibu Rektor IAIN Ponorogo melakukan kunjungan bersama langsung dengan Ketua Forum Rektor PTKIN, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE, MM. dan Rektor IAIN Metro. Dengan mengunjungi langsung kampus UIN Raden Intan Lampung. Dalam kunjungan ini  membicarakan mengenai persiapan pembangunan gedung SBSN 2022.

Dengan beberapa kunjungan ini diharapkan untuk semakin memperkuat sinergi antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Sehingga PTKIN mampu untuk menjawab tantangan perguruan tinggi di masa sekarang. (Humas IAIN Ponorogo)

 

 

BERITA TERKAIT

Translate »