Menu Tutup

FUAD Gelar Studium Generale dengan Mengusung Tema “Media dan Islam Toleran di Indonesia”

Menyikapi media saat ini yang mempengaruhi perubahan dan juga peradaban mendasar pada seluruh tatanan aspek kehidupan, baik secara individual maupun secara sosial. Kita dapat mengakses informasi sebanyak apapun dan dapat dilakukan setiap saat, yang tak jarang, informasi tersebut mengandung nilai-nilai yang intoleran, sehingga diperlukan kesadaran dan kepekaan kita untuk dapat menyaring informasi yang kita konsumsi. Maka, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo menyelenggarakan Studium Generale Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 dengan mengangkat tema “Media dan Islam Toleran di Indonesia” secara daring, mengingat masih dalam masa pandemic Covid-19. (29/09)

Dr. Ahmad Munir, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ushulludin Adab dan Dakwah menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan Studium Generale tersebut dilaksanakan guna menyikapi program Menteri Agama terkait memadukan antara dunia pendidikan dan dunia kerja/industri, maka seluruh alumni perguruan tinggi yang memasuki dunia kerja harus memiliki sertifikat potensi yang ada. Hal tersebut merupakan tuntutan dunia kerja. Dengan dibekali keahlian sesuai jurusan yang dipilih, beliau mengharapkan supaya lulusan yang dihasilkan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo dapat bersaing dengan lulusan-lulusan dari universitas lain.

Dr. Evi Muafiah, M.Ag. selaku rector IAIN Ponorogo menjelaskan bahwa era saat ini semua serba digital, jangan menyesali dengan adanya pandemi dan berdiam diri di rumah dengan tidak melakukan apa-apa. Memang pandemi membatasi pergerakan kita semua dan harus menjaga jarak. Namun dibalik bencana pandemi ini ada hikmah besar yang dapat kita ambil, kita diperkenalkan dengan dunia luar yang cukup mudah kita akses, tinggal bagaimana kita menyikapi dan membekali diri kita supaya dapat cakap digital. Beliau juga menambahkan, saat ini Kominfo sedang giat-giatnya menyampaikan tentang literasi digital kepada masyarakat Indonesia supaya masyarakat Indonesia dapat memilah informasi yang didapat.

Acara pembukaan ini diakhiri dengan do’a yang disampaikan oleh Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Kemudian acara dilanjutkan dengan agenda utama yaitu stadium generale yang akan dipandu oleh Reza Anggara, M.Sos yang merupakan dosen di FUAD dan akan diisi oleh Drs. Ainnurrohim, M.I.P selaku Ketua PWI Jawa Timur dan Abdur Rohim yang merupakan Pimpinan redaksi JTV Surabaya.

 

BERITA TERKAIT