AICIS 2021 RESMI DIBUKA, REKTOR IAIN PONOROGO TURUT SERTA SECARA LANGSUNG

Rektor IAIN Ponorogo turut serta secara langsung dalam pelaksanaan The 20th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2021. AICIS ke-20 kali ini resmi dibuka hari ini, 25 Oktober 2021 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin secara virtual di The Sunan Hotel Surakarta.

Opening Ceremony AICIS ini berlangsung lancar dan dihadiri secara langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, serta Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam sambutannya, Menag RI menyatakan apresiasinya mengenai penyelenggaraan AICIS kali ini. Menurut beliau, AICIS merupakan wadah intelektual untuk mengundang sejumlah ilmuwan dan Guru Besar sebagai pemerhati studi keislaman.

“Saya berharap AICIS dapat menjadi miniatur studi keislaman di Indonesia. Kami terbuka terhadap kritik dan bersikap moderat. Kami berharap, AICIS kali ini dapat menjadi wahana untuk sikap moderasi beragama, wadah destinasi keilmuan bagi sejumlah PTKIN di Indonesia, serta meningkatkan jejaring akademis,” jelas Menag dalam sambutannya.

Wapres RI juga sangat mengapresiasi Kemenag yang telah menyelenggarakan AICIS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Covid-19 menjadi pandemi global yang menyerang hampir semua negara di dunia. Dampak yang ditimbulkan sangat luas dan multidimensi sehingga memaksa semua negara menetapkan kebijakan khusus untuk menanggulanginya,” ungkap Wapres RI secara virtual dalam sambutannya.

Dengan mengambil tema Islamic in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy, diharapkan mampu menjawab dinamika terkait perubahan islam di dunia saat ini. Hal ini dinyatakan oleh Ali Ramdhani selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.

“Termasuk mampu untuk melihat lebih dekat bagaimana reaktualisasi fikih dan kebijakan public dari sudut pandang islam dalam beragam isu, seperti pandemic, moderasi beragama, kerukunan, tata Kelola Pendidikan, isu wisata halal, dan lainnya,” jelas Ali Ramdhani. (Humas IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya