Fatik Adakan Lokakarya Nasional Metodologi Penelitian IPS

Untuk menyongsong kurikulum kampus merdeka dan call for paper bagi mahasiswa Tadris IPS IAIN Ponorogo, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan acara Lokakarya Nasional dengan tema Metodologi Penelitian Tadris IPS Menyongsong Kurikulum Kampus Merdeka Dan Call For Paper Bagi Mahasiswa Tadris IPS IAIN Ponorogo Kamis, 28 Oktober 2021. Acara berlangsung secara luring dimulai pukul 09.00 WIB di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo dan dapat diikuti secara daring melalui zoom.

Lokakarya nasional ini menghadirkan narasumber Dadang Sundawa, Dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia dan dimoderatori oleh Evi Fitriana. Acara dibuka oleh Kepala Jurusan Tadris IPS Dr. Syafiq Humaisyi.

Dr. Syafiq Humaisyi berharap, melalui acara seminar ini mahasiswa dapat menggali ilmu sebanyak mungkin dari narasumber melalui pertanyaan-pertanyaan yang belum mereka pahami.

“Dengan kegiatan seminar inilah saya berharap apa yang belum dipahami oleh anak-anakku, oleh adik-adiku semua nanti bisa diungkapakan kepada Bapak Dadang Sundawa untuk saling belajar dari pengalaman beliau,” harapan Kepala Jurusan Tadris IPS.

Pada kesempatan ini, Dadang sundawa menjelaskan mengenai bagaimana Langkah-langkah dalam melakukan penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Beliau juga menjelaskan mengenai etika-etika penelitian, dimana didalam penelitian harus ada kejujuran, obyektivitas, integrasi, ketelitian, keterbukaan, penghargaan terhadap hak atas kekayaan intelektual, dan penghargaan terhadap kerahasiaan.

Melalui acara ini juga,  Dr. Syafiq Humaisyi berharap agar mahasiswa IPS dapat lulus tepat waktu dengan penulisan karya ilmiah atau penelitian dengan benar. (Humas IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya