Lokakarya Nasional “Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa MPI”

Pada hari Rabu, 27 Oktober 2021, jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Ponorogo mengadakan lokakarya Nasional. Lokakarya yang dilaksanakan mulai dari pagi hingga sore hari ini, mengambil tema penulisan artikel ilmiah mahasiswa MPI. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di aula Pascasarjana IAIN Ponorogo dan dapat diikuti secara daring melalui zoom. Dalam kegiatan ini, mahasiswa belajar banyak hal tentang bagaimana menulis karya ilmiah yang baik dan benar.

Kegiatan hari ini menghadirkan dua narasumber. Pertama, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd, selaku ketua jurusan MPI IAIN Ponorogo. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa jika seseorang mau untuk menulis, menuangkan segala gagasannya ke dalam bahasa tulisan, maka sejatinya orang itu hidup. Terkadang seseorang pada saat berbicara sulit untuk dipahami, tetapi ketika menulis, gagasannya akan lebih mudah dipahami oleh banyak orang. Selain itu beliau juga memaparkan hal yang terpenting dari menulis adalah keajegan.

Selanjutnya, narasumber kedua adalah Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd. Beliau adalah Dekan FAI Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Beliau juga seorang pakar manajemen pendidikan, editor in chief di tiga jurnal salah satunya jurnal Manajemen Pendidikan Islam, UNUJA,  serta penulis ter-Indeks Scopus. Dalam kegiatan lokakarya tersebut, Dr. Hasan menyampaikan bahwa dalam menulis yang terpenting adalah keberanian untuk memulai. Karena dengan keberanian, maka segala ketakutan dan kekhawatiran akan sirna. Beliau juga menjelaskan secara rinci staretgi menulis karya ilmiah yang baik dan benar. Serta memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bersemangat dalam menulis.

Setelah pemaparan materi dari kedua pemateri, maka kegiatan lokakarya dilanjutkan dengan sesi paralel. Seluruh mahasiswa yang hadir sebelum kegiatan lokakarya dilangsungkan telah mengirimkan artikel kepada panitia. Artikel ini dipresentasikan serta direview oleh reviewer pada kegiatan di sesi paralel ini. Terdapat 6 sesi paralel yang dipandu oleh 6 reviewer. Kegiatan lokakarya yang diikuti oleh 60 mahasiswa MPI secara luring ini berjalan lancar dan diakhiri dengan closing ceremony pada pukul 14.00.

Berita Lainnya