Belajar Kehumasan dan Arsiparis, IAIN Ponorogo studi banding ke UIN Sunan Kalijaga

IAIN Ponorogo – Tim dari IAIN Ponorogo melakukan studi banding ke Kantor Rektorat UIN Sunan Kalijaga, Jumat (05/11/2021). Dalam kunjungan tersebut, tim IAIN Ponorogo dipimpin oleh Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan Drs. H. Samsoel Bahari, M.M. serta Kepala Bagian Umum Muhtadin, M.Pd.I. disambut langsung oleh Dra. Weni Hidayati Plt. Kepala Sub Bagian Humas Dokumentasi dan Publikasi Bagian Tata Usaha UIN Sunan Kalijaga.

Dalam kunjungan tersebut IAIN Ponorogo disambut baik oleh UIN Sunan Kalijaga, “Maksud dan tujuan kami datang kesini untuk mengenal lebih jauh ruang lingkup kerja dari bagian Kehumasan serta Arsiparis di UIN Sunan Kalijaga.” terang Kepala Bagian Umum.

Setibanya di UIN Sunan Kalijaga tem Humas IAIN Ponorogo langsung diarahkan ke ruang pertemuan untuk melakukan dialog serta pengenalan lebih lanjut. Dalam perbincangan tersebut ibu Weni menyampaikan mengenai mekanisme dari bagian Kehumasan dan Arsiparis UIN Sunan Kalijaga.

“Dalam bidang Arsiparis UIN Sunan Kalijaga telah menerapkan sistem pesuratan secara online sebelum adanya pandemi Covid-19 walaupun penerapannya belum sepenuhnya. Selain itu dalam pengarsipan berkas kami sudah mempunyai tempat tersendiri untuk menyimpan arsip-arsip yang dimiliki UIN Sunan Kalijaga. Selain penyimpanan arsip secara fisik bagian Arsiparis UIN Sunan Kalijaga juga menyimpan arsip secara elektronik di Batam untuk meminimalisir hal buruk, seperti terjadinya bencana banjir atau kebakaran.” Ujar Sutarmini Kepala Sub Bagian Tata Persuratan Bagian Tata Usaha.

“Untuk bidang Kehumasan kami optimalkan Kerjasama dengan berbagai media, selain itu kami juga mengoptimalkan kreatifitas mahasiswa khususnya mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KP) serta Ilmu Komunikasi (Ilkom). Untuk mahasiswa KPI bergerak dalam bidang broadcasting dan teknologi digital, sedangkan mahasiswa Ilkom bergerak dalam bidang humas. Selain itu kami juga mengoptimalkan koordinasi dengan bagian pengelola website masing-masing Fakultas.” Ujar Weni.

Setelah perbincangan dan sesi tanya jawab tim IAIN Ponorogo diajak untuk berkeliling melihat seperti apa perkerjaan yang dilakukan oleh tim Humas dan Arsiparis UIN Sunan Kalijaga sehari-hari, mulai dari jika ada tamu yang ingin menemui rektor maupun jika ada surat baru yang masuk. Diharapkan studi banding ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas pegawai di lingkungan humas dan arsiparis IAIN Ponorogo.  (Humas IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya