PENYERAHAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PROGRAM KAMPUNG ZAKAT TERPADU

Sinergi mengabdi dilakukan kembali oleh  Laboratorium Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (L-Ziswaf) IAIN ponorogo dalam  wujud kontribusi aktif pada kegiatan distribusi zakat produktif hewan ternak pada Program Kampung Zakat Terpadu  yang digagas oleh Kementrian Agama Kabupaten Ponorogo pada hari Kamis, 25 November 2021. Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai, dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo Bapak H. Syaikhul Hadi, M. Fil.I, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Hj.Ifrotul Hidayah, M.Si, Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sampung, Tim dan Relawan mahasiswa dari L-Ziswaf IAIN Ponorogo dan masyarakat penerima.   Dalam sambutannya  Ibu Unun Roudlotul Janah selaku Ketua Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf dan sekaligus perwakilan dari L-Ziswaf menyampaikan terimakasih karena telah dilibatkan pada Program  Kampung Zakat  Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo sebagai implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi dalam wujud Pengabdian Masyarakat. Penyerahan zakat produktif bertempat di aula Majlis Ta’lim Al-Mutmainnah Pohijo Sampung Ponorogo bersamaan dengan penyerahan beasiswa oleh Lembaga Amil Zakat Nahdhatul Ulama’ (LAZISNU). Harapannya dengan terlaksananya program zakat produktif ini bisa memberikan manfaat dan mampu memberdayakan dhuafa agar lebih produktif.

Kemudian Bapak Syaikhul Hadi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada L-Ziswaf IAIN Ponorogo yang telah terlibat aktif dalam program Kampung Zakat Terpadu dan turut berkontribusi dalam memberikan  bantuan. Beliau memberikan pengarahan kepada para penerima untuk melaksanakan amanah yang diberikan dengan baik dan berharap semoga  ke depan semua program Kampung Zakat Terpadu berjalan dengan baik dan lebih baik lagi.

Acara dilanjut dengan penyerahan hewan ternak secara simbolik kepada Dhuafa dari masing-masing perwakilan Dukuh Pohijo, Kangkungan dan Pakel. Dalam program ini, L-Ziswaf mendistribusikan 10 Hewan ternak kambing untuk dipelihara oleh dhuafa yang terbagi ke tiga dukuh yang ada di Pohijo Sampung. Di antaranya Pujianto, Gunari, Gimin, Semin dari Dukuh Pohijo, Giman, Lina, Tamin dari Dukuh Kangkungan dan Simi, Sariyem, dan  Partin dari Dukuh Pakel. Selain penyerahan zakat produktif, LAZISNU juga memberikan kontribusi memberikan beasiswa kepada 10 siswa SMP dan SD yang ada di Pohijo Sampung. Acara berakhir tepat pada pukul 11.30  dengan tertib dan lancar. Semoga program pemberdayaan ini terus berlanjut dan mampu mengangkat kesejahteraan dhuafa.

Berita Lainnya