Menu Tutup

Wisuda Sarjana Gelombang II Tahun 2021

Rabu, 1 Desember 2021 bertempat di Kampus II IAIN Ponorogo menggelar Wisuda Sarjana dan Magister. Gelaran tersebut terangkum dalam Rapat Senat Terbuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo dalam rangka Wisuda Sarjana (S1) dan Magister (S2) Periode II Gelombang II. Pada kesempatan kali ini, wisuda dilaksanakan secara Drive Thru sebagai ikhtiar bersama guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Wisuda Drive Thru dikemas sedemikian mungkin sehingga tidak mengurangi sedikitpun khidmat dari prosesi penyematan gelar sarjana ini.

Pada kesempatan Periode II Gelombang II ini jumlah mahasiswa yang mengikuti wisuda adalah sebanyak 569 mahasiswa. Mereka berasal dari tiga fakultas berbeda yaitu Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Acara dimulai dengan pembukaan rapat senat oleh Ketua Senat IAIN Ponorogo, beliau Bapak Dr. H. Achmad Rodli Makmun, M.Ag. dengan sebelumnya dilakukan beberapa acara pembukaan, yaitu menyanyikan Lagu Indonesi Raya, mengheningkan Cipta, pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, serta menyanyikan Hyme dan Mars IAIN Ponorogo. Setelah rapat senat dibuka oleh ketua senat, kemudian dibacakan SK Wisuda oleh beliau Sekretaris Senat IAIN Ponorogo Bapak Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M.Fil.I. yang berisi mengenai Keputusan Rektor tentang wisudawan dan wisudawati yang mengikuti wisuda kali ini.

Setelah rangkain acara pembukaan selesai, tibalah saatnya untuk para wisudawan dan wisudawati untuk memasuki pangggung wisuda. Seperti diketahui di atas, wisuda kali ini menggunakan system drive thru. Jadi para wisuda secara bergantian diantarkan dengan kendaraan sampai depan panggung. Kemudian wisudawan memasuki panggung untuk diberikan ijazah oleh Dekan III Fakultas masing- masing dan pemindahan tali toga oleh Dekan Fakultas. Setelah itu kemudian wisudawan berjalan di depan senat untuk kemudian diberikan ucapan selamat oleh Rektor IAIN Ponorogo, Beliau Ibu Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. setelah itu wisudawan turun dan Kembali kedalam kendaraannya untuk kemudian meninggalkan area wisuda.

 

Model pelaksanan drive thru ini sudah beberapa kali dilaksanakan IAIN Ponorogo dalam gelaran wisudanya. Hal ini untuk meminimalisir kontak antar wisudawan dan juga dengan senat IAIN Ponorogo. Wisudawan dan wisudawati sebelumnya juga harus menyerahkan bukti sertifikat vaksin dan juga hasil negatif dari rapid antigen. Dalam mengikuti ini wisudawan juga harus menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan medis. Pihak keluarga yang menghantar juga harus mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Namun demikian, rasa Bahagia dan bangga tidak bisa lepas dari kesemua momen ini. Nampak wisudawan dan juga keluarga yang menghantarkan bahagia dan bersyukur atas tercapainya gelar yang mereka perjuangkan selama ini.

Selamat dan sukses dihaturkan Segenap Sivitas Akademika IAIN Ponorogo atas Sarjana (S1) dan Magister (S2) Periode II Gelombang II ini. Semoga keilmuan yang telah didapatkan membawa manfaat dan keberkahan. Aamiin.

BERITA TERKAIT

Translate »