Ngobrol Budaya Bareng Khilma Anis

FATIK IAIN Ponorogo, menggelar Talk Show Motivasi Kebudayaan dengan tema “Potret Sukses Generasi Berbudaya” di Graha Watoe Dhakon pada Rabu, 21/12/2021. Acara ini masih merupakan satu rangkaian dengan acara Gebyar FATIK 2021.

 

Acara Talk Show yang digelar secara luring ini dimoderatori oleh Luthfi Maya Sari dengan menghadirkan seorang novelis pecinta budaya, Khilma Anis sebagai Narasaumber.  Khilma Anis merupakan seorang penulis novel berjudul Hati Suhita, dimana nuansa jawa tergambar jelas di dalam novel ini.

Kecintaannya terhadap budaya, membuat Ning Khilma sapaan akrabnya, selalu mengambil tema-tema budaya disetiap karyanya. Menurutnya, mencintai budaya sama dengan mencintai seseorang. Jika tidak ingin direbut oleh orang lain maka jagalah.

“Begitu budaya itu direbut, budaya itu diakui oleh negara lain kita kebakaran jenggot. Ketika budaya itu belum direbut, belum diakui bangsa lain, apakah kita pernah menyatakan cinta terhadp budaya itu?” ujar Neng Khilma.

Melalui Talk Show Motivasi Kebudayaan ini, Ning Khilma mengajak kita untuk selalu mencintai budaya. Budaya merupakan hasil cipta karsa manusia, maka sesuatu yang bernilai budaya akan menjadikan seseorang menjadi bernilai.

“Budaya sama dengan senjata dan dunia ini adalah pertarungan. Kalau yang kita pegang adalah budaya, maka kita tidak akan kehilangan arah”

Berita Lainnya