Intip Tiga Prodi Favorit Di IAIN Ponorogo

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo sebentar lagi akan segera dimulai. Seluruh siswa MA/SMA/SMK sederajat dapat mengikuti seleksi PMB IAIN Ponorogo ini melalui tiga jalur seleksi masuk, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Seleksi Mandiri.

SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN merupakan dua jalur seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN, dan STAIN dalam satu sistem terpadu. Kedua jalur seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Indonesia. Sementara untuk Seleksi Mandiri merupakan jalur seleksi PMB yang diadakan oleh IAIN Ponorogo sendiri.

Mempertimbangkan dengan baik dan matang-matang mengenai prodi yang akan diambil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh siswa MA/SMA/SMK sederajat yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Melihat peluang dan pesaing juga menjadi pertimbangan tersendiri untuk menentukan prodi yang akan dipilih.

Berikut tiga prodi atau jurusan favorit di IAIN Ponorogo berdasarkan data pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2021:

  1. S1 Pendidikan Agama Islam = 557 pendaftar
  2. S1 Ekonomi Syariah = 386 pendaftar
  3. S1 Perbankan Syariah = 335 pendaftar

Dengan melihat jumlah pesaing pada prodi yang dipilih, diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri mengenai banyak hal. Terlebih apabila prodi yang diminati merupakan prodi favorit yang menjadi impian banyak orang.

Berita Lainnya