Menu Tutup

Menag RI, Resmi Luncurkan SPAN-UM PTKIN

IAIN Ponorogo – Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas secara resmi meluncurkan Seleksi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) 2022 pada Selasa, 18 Januari 2022.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani, dan Ketua SPAN-UM PTKIN 2022 yang juga merupakan Rektor UIN Walisongo Semarang, yaitu Imam Taufiq.

Dalam acara yang mengusung tagline PTKIN: It’s My Dream, Menag mengingatkan agar PTKIN tidak hanya fokus pada perluasan akses, tetapi juga harus berorientasi pada peningkatan mutu. Beliau juga menyampaikan bahwa ikhtiar kementerian Agama dalam memperluas akses masyarakat untuk kuliah di PTKIN semakin berhasil. Hal ini dilihat dari terus meningkatnya jumlah pendaftar SPAN-UM PTKIN tiap tahunnya.

“Jumlah pendaftar SPAN-UM PTKIN tiap tahun terus meningkat. Ini setidaknya menjadi penanda bahwa upaya perluasan akses yang dilakukan Kementerian Agama telah berhasil,” jelas Menag dalam sambutannya.

Imam Taufiq selaku Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN 2022 menambahkan bahwa SPAN-UM PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN dan 1 Fakultas Agama PTN dari Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sementara itu, untuk pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022. Sedangkan untuk peroses pendaftaran UM-PTKIN akan diserahkan ke masing-masing PTKIN dan akan berakhir pada Juni 2022.

 

(Humas IAIN Ponorogo)

BERITA TERKAIT

Translate »