IAIN Ponorogo adakan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1443 H

IAIN Ponorogo adakan Rukyatul Hilal guna menentukan awal puasa Ramadhan 1443 H.  Jumat 1 April 2022. Bentuk ikhtiar guna menentukan awal Puasa ini dilaksanakan di Watoe Dhakon Observatory IAIN Ponorogo, di Kampus I Ponorogo. Rukyatul Hilal dilaksanakan oleh Lab. Falak IAIN Ponorogo bersama PP. Annaquyah Sumenep, IAIRM Ngabar, UNIDA Gontor, BHR Ponorogo, PCNU LFNU Ponorogo, dan PDM Ponorogo.

Seperti kita ketahui bersama, pada saat ini sudah memasuki akhir dari bulan Syaban. Maka guna menentukan tepatnya tanggal 1 bulan Ramadhan 1443 H dilaksanakan Rukyatul Hilal. Secara sederhana rukyatul hilal adalah melihat bulan secara langsung melalui alat bantu seperti teropong. Aktivitas pengamatan ini berfokus pada terlihatnya bulan sabit muda pada saat matahari terbenam. Hal ini yang kemudian akan menjadi dasar pergantian bulan khusunya pada sistem pergantian bulan pada kalender Hijriyah

Sebelumnya, jumat pagi 1 April 2022, Fakultas Syariah IAIN Ponorogo mengadakan Halaqah Falakiyah. Sebagai kajian bersama memantabkan materi mengenai Rukyatul Hilal. Acara diadakan di Gedung Fakultas Syariah bersama PP Annuqayah Sumenep, IAIRM Ngabar Ponorogo dan UNIDA Gontor Ponorogo. Disiarkan langsung melalui akun Youtub Syariah IAIN ponorogo pada link https://www.youtube.com/watch?v=qRX1CefK0wU.

Rukyatul Hilal yang dilakukan kali ini akan menjadi sumber informasi guna menentukan puasa kali ini jatuh pada hari Sabtu besuk atauhari Minggu lusa. Apabila hilal atau bulan sabit tidak terlihat atau gagal terlihat, maka bulan Syaban akan digenapkan menjadi 30 hari.

Berita Lainnya