Menu Tutup

Ujian SSE UM-PTKIN 2022. Siapkan dirimu dengan baik.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2022 telah memasuki tahap Uji Coba. Seperti diketahui sebelumnya, pendaftaran UM-PTKIN Tahun 2022 ini telah ditutup pada tanggal 4 Juni 2022. Ujian UM-PTKIN akan dilkukan secara online dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE UM-PTKIN) pada 14 – 17 Juni mendatang. Sebelum dilakukan ujian, Panitia Nasional UM-PTKIN  melakukan tahapan uji coba guna memastikan pada saat ujian nanti berjalan lancar. Baik dari para peserta ujian maupun teknis IT lainnya. Tahapan Uji-Coba ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 10 Juni 2022.

Sama seperti selama 2 tahun ini, ujian UM-PTKIN 2022 dilakukan secara online. Dengan menggunakan perangkat laptop dan juga bisa menggunakan android melalui aplikasi SSE UM-PTKIN. Hal tersebut sesuai dengan semangat Prioritas dari Kementerian Agama yaitu Transformasi Digital. Pengaplikasian Teknologi Informasi dilakukan sehingga diharapkan mampu memaksimalkan hasil. Hal penting adalah akan semakin meningkatkan efektif dan efisiennya. Pada hal ini, dengan menggunakan kemajuan Teknologi Informasi diharapkan  akan semakin membuat efektif dan efisien ujian SSE UM PTKIN 2022 ini. Akan memberi kemudahan bagi peserta dalam melaksanakan ujian tanpa mengurangi esensi ujian itu sendiri.

IAIN Ponorogo sebagai salah satu Panitia Lokal dalam ujian UM-PTKIN ini sudah mempersiapkan untuk mensukseskan ujian UM-PTKIN tahun 2022 ini. Panitia Lokal dalam hal ini nantinya sebagai pengawas pada jalannya Ujian. Persiapan telah dilakukan baik persiapan secara Sumber Daya maupun perangkat yang dibutuhkan. Panitia lokal IAIN Ponorogo sudah mempersiapkan mulai dari Penanggung Jawab Ruang, Pengawas IT, hingga perangkat seperti PC dan juga Internet.

Para peserta nantinya akan melakukan ujian di rumah atau tempat masing-masing menggunakan aplikasi SSE UM-PTKIN perangkat mereka. Kemudian akan tersambung kepada pengawas ujian pada panitia lokal. Panitia Lokal akan melakukan pengawasn melalui PC dengan ketentuan ujian yang telah ditentukan sebelumnya.

Pada tahapan uji coba ini, peserta ujian akan melaksanakan simulasi ujian dengan teknis sesuai dengan ujian yang akan dilaksanakan minggu depan (14-17 Juni 2022). Peserta ujian harus mempersiapkan beberapa hal seperti gadget smartphone atau laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Peserta ujian harus mendownload aplikasi Ujian SSE UM-PTKIN 2022. Kemudian peserta melakukan uji coba ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh peserta ujian SSE UM-PTKIN Tahun 2022 berdasarkan informasi dari Panitia Nasional PMB PTKIN 2022:

  1. Peserta wajib menggunakan perangkat mandiri, disarankan smartphone. Jika menggunakan laptop atau netbook atau notebook atau personal komputer atau PC desktop harus memiliki dan berfungsi dengan baik webcam/kamera depan, dan microphone;
  2. Peserta wajib menyediakan koneksi internet menggunakan paket data dengan sinyal minimal 4 bar dan jaringan 3G/H+ atau yang lebih tinggi, koneksi internet juga dapat menggunakan wifi yang terhubung dengan jaringan internet;
  3. Peserta melaksanakan Ujian SSE UM-PTKIN di tempat tinggal masing-masing atau tempat yang terjangkau jaringan seluler minimal H+ serta mematuhi peraturan PPKM yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Bagi Peserta yang mengalami kendala dalam mendapatkan jaringan seluler H+ di daerahnya wajib melaporkan ke Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id guna menjadwal ulang pelaksanaan ujian SSE UM-PTKIN paling lambat 4 (empat) jam setelah ujian yang tercantum pada Kartu Peserta Ujian;
  4. Peserta wajib melakukan physical distancing/jaga jarak radius minimal 3 (tiga) meter selama ujian berlangsung;
  5. Peserta DILARANG membuka browser, aplikasi meeting, aplikasi remote, atau terkoneksi dengan layar tambahan;
  6. Peserta wajib mengikuti Ujicoba Ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
  7. Peserta wajib mengikuti Ujian UM-PTKIN sesuai sesi dan waktu yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
  8. Peserta wajib menyesuaikan waktu pada perangkat ujian dengan waktu yang tertera pada laman https://umptkin.ac.id;
  9. Peserta wajib melakukan instalasi Aplikasi Ujian SSE UM-PTKIN;
  10. Peserta wajib mengikuti tahapan kegiatan yang tertera pada Kartu Peserta Ujian;
  11. Apabila peserta mengalami kendala teknis maka peserta dapat menghubungi Helpdesk melalui laman https://sapa.um-ptkin.ac.id.

 

Adapun mekanisme alur ujian dan tata tertib ujian dapat dilihat pada kartu ujian masing-masing peserta, termasuk dalam hal ini tata cara instalasi aplikasi ujian SSE UM-PTKIN yang dapat diunduh pada laman https://um-ptkin.ac.id/home/aplikasi

 

BERITA TERKAIT

Translate »