Kelompok 06 KPM Multidisiplin IAIN Ponorogo Undang Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Batoro Katong, Adakan Terapi Qur’ani dan Tibbun Nabawi

Kelompok 06 KPM Multidisiplin IAIN Ponorogo yang berlokasi di desa Slahung Ponorogo mengundang Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Batoro Katong untuk mengadakan terapi gurah, bekam, fasdu, serta ruqyah massal. Acara ini diadakan di SDN 3 Slahung, Sabtu (23/07/2022).

Terapi gurah, bekam, serta ruqyah massal ini diadakan untuk meringankan atau bahkan menyembuhkan masalah kesehatan seluruh masyarakat di desa slahung. Panitia hanya menyediakan kotak amal yang dapat diisi seikhlasnya oleh para peserta.

Selain JRA Batoro Katong, Kelompok 06 juga mengundang Karang Taruna Desa Slahung serta Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser). Sedangkan peserta dari terapi ini adalah masyarakat umum tanpa ada batasan usia.

Ketua Kelompok 06 KPM Multidisiplin IAIN Ponorogo Nurrokhim menyatakan bahwa diundangnya JRA Batoro Katong ini karena Kelompok 06 menginginkan hasil yang terbaik untuk masyarakat. “Kami mengundang JRA Batoro Katong karena tim tersebut merupakan praktisi terapi ruqyah, bekam, gurah, dan juga fasdu profesional yang berkualitas dan dapat dipercaya. Walau kegiatan ini tidak dipungut biaya, kami tetap berusaha menyediakan terapis yang terbaik untuk masyarakat, khususnya warga Desa Slahung, ” tuturnya.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh warga. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya warga yang mengikuti terapi tersebut. Ada sekitar 50 warga dari berbagai macam usia dan juga daerah yang menjadi peserta dari terapi tersebut. Antusiasme dari warga salah satunya dipengaruhi oleh besarnya manfaat dari terapi tersebut. Yaitu berupa:

  1. Gurah yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran dari organ-organ tertentu. Diantaranya adalah gurah mata, gurah hidung, serta telinga.
  2. Bekam yang bermanfaat untuk melancarkan pembuluh darah, merangsang kinerja saraf, meningkatkan imun, serta membuat tubuh lebih rileks.
  3. Fasdu yang dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti stroke, kolesterol tinggi, asam urat dan sebagainya.
  4. Ruqyah yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit psikis serta gangguan non medis secara islami.

Salah satu peserta gurah mata, Masrurotul Munawaroh menuturkan bahwa terapi yang dia ikuti menimbulkan dampak positif bagi kesehatannya. “Sebelum gurah, mata saya terasa berat dan mengganjal. Sekarang mata saya jadi terasa lebih lega dan nyaman,”

Salah satu peserta terapi ruqyah, Rosyidah juga memberikan respon serupa terkait dampak dari terapi tersebut. “Setelah ruqyah, saya menjadi lebih lega. Hati juga lebih tenang dan tentram.”

Berita Lainnya