Jalin Kerjasama Luar Negeri, International Office IAIN Ponorogo Terlibat Aktif dalam Workshop Penyusunan SOP Kerjasama

Guna mempersiapkan kerjasama luar negeri, International Office IAIN Ponorogo terlibat aktif dalam workshop penyusunan SOP kerjasama di IAIN Kediri. Workshop yang dilaksanakan pada 26 Juli 2022 ini dihadiri oleh Desi Puspitasari M.Pd dan Lutfiana Dwi Mayasari MH.,M.SI selaku staf International Office IAIN Ponorogo. Selain itu, workshop ini juga dihadiri oleh International Office di PTKIN dan PTKIS se-wilayah Jawa Timur, dan juga wakil rektor 3 bidang kerjasama.

Pemateri dalam workshop ini berasal dari berbagai unsur yang berkaitan dengan kerjasama kelembagaan. Antara lain, Thobib Al Asyhar (Dosen Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia), Idham Badruzaman (International Office Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Nur Fitriatin Yamin (International Office Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Thobib Al Asyhar menyampaikan pentingnya merubah mindset tentang kerjasama. Saat ini mayoritas kerjasama hanya selesai di penandatanganan MOU dan MOA. Sedangkan tahapan yang lain seperti monev luput dari proses pelaksanaan kerjasama. Maka kedepannya, penyusunan kerjasama harus dilaksanakan secara maksimal.

Adapun Idham Badruzaman, memaparkan pengalaman kerjasama luar negeri yang telah terlaksana di Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Terdapat beberapa pola kerjasama yang telah terlaksana, antaranya summer student, partial schoolarship, dan full schoolarship. Disampaikan juga tentang pentingnya memiliki International Class demi mencapai akreditasi kampus international.

Nur Fitriatin Yamin sebagai pemateri terakhir menekankan peran penting International Office bagi institusi. International Office berperan untuk memberi support semua aktivitas karena ia memiliki super power. Dengan demikian, orang-orang yang terjun di International Office harus helpful karena tujuannya adalah membantu.

Tindak lanjut dari workshop ini adalah penyamaan persepsi tentang kerjasama sebagai bahan penyusunan SOP di kampus masing-masing. Adapun tindak lanjut kongkritnya adalah mengesahkan konsorsium International Office se-wilayah jawa Timur. Tujuan dari konsorsium tersebut adalah untuk mempermudah akses International Office dalam menjalin kerjasama international.

 

Berita Lainnya