Menu Tutup

Gus Menteri Buka Pekan Olahraga PESONA I PTKN 2022

Perhelatan Pesona I. Ajang yang bertajuk Pekan Seni dan Olahraga Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 resmi dimulai. Acara pembukaan Pesona I dihelat tadi malam(9/8/2022), dibuka langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Acara berlangsung di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Hadir juga dalam acara tersebut adalag Kapolda Jawa Barat, Dirjen Pendidikan Islam Prof Ali Ramdhani, jajaran pejabat Kementerian Agama dan Rektor PTKN se-Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, Pesona I Tahun 2022 ini dihelat di UIN Sunan Gunung Djati Bandung 8-13 Agustus 2022.

Menteri Agama RI, Gus Yaqut mengapresiasi penuh perhelatan ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa olahraga dan agama adalah tarikan nafas yang tidak dapat dipisahkan. “Olahraga dan agama adalah tarikan nafas yang tidak dapat dipisahkan. Olahraga itu mencari prestasi, siapa yang ulet dia yang menang,” kata Gus Menteri.

Agama, Seni, dan Olahraga tidak dapat dipisahkan. Karena Allah mencintai keindahan lanjut beliau. Beliau berharap bahwa kegiatan ini harus kontinyu diadakan pada tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat berharap bahwa acara ini berjalan dengan lancar. “Saya doakan acara ini harus sukses, selamat dan sukses untuk PESONA I,” kata Kang Emil sapaan karib Ridwan Kamil. Beliau juga terus mengajak agar tetap patuh pada protocol Covid-19. Karena Covid-19 belumlah hilang secara sepenuhnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Prof Ali Ramdhani berharap bahwa Pesona I ini dapat menjadii cikal bakal dan tumbuhnya atlet dan seniman. Beliau juga berharap melalui perhelatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa nusantara untuk dapat mengenal satu dengan yang lainnya


Acara dibuka dengan kirab nusantara, menampilkan kirab pakaian-pakaian adat para peserta Pesona I PTKN daerah asal masing-masing. Ini merupakan cerminan dari slogan Pesona I kali ini, SPIRIT OF HARMONY.

IAIN Ponorogo pada kesempatan kali ini menampilkan pakaian khas ponorogo, yaitu melalui karakter Warok, Jathil, dan Klono Sewandono. Ini merupakan bagian dari kesenian Reyog Ponorogo yang merupakan asli Ponorogo.

BERITA TERKAIT

Translate »