Menu Tutup

Semangat Kuliah Luring

IAIN Ponorogo. Semangat kuliah luring. Itulah kira-kira kalimat yang tepat guna menggambarkan kondisi para mahasiswa IAIN Ponorogo hari ini. Seperti diketahui bersama, Senin 15 Agustus 2022 hari ini merupakan kuliah perdana luring pada Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 ini. Setelah dua tahun tidak bisa dan tidak boleh melakukan kuliah tatap muka.

Dari pantauan penulis, nampak para mahasiswa sudah mulai meramaikan lagi area kampus. Mereka hilir mudik berjalan kesana kemari untuk mencari ruang kelas, dan melakukan perkuliahan. Ada yang berjalan sendiri, ada juga yang berjalan bersama teman-temannya.

Ada sedikit keheranan atau bisa juga penulis sebut sebagai sebuah pengalaman baru, nampak dari raut mahasiswa baru. Mereka yang menggunakan baju atasan warna putih dan bawah gelap, terlihat masih sedikit bingung. Merekalah mahasiswa baru. Mereka terlihat masih berkelompok, kemungkinan sesuai dengan kelas. Sedang mereka yang sudah semester atas, yang menggunakan baju bebas rapi sudah terlihat sedikit santai.

Di pintu gerbang hilir mudik motor sudah ramai, sendiri maupun berboncengan nampak keluar masuk kampus. Para petugas keamanan dengan sigap mengatur dan mengamankan arus lalu lintas di depa kampus. Khususnya di sekitar kampus I, dimana banyak mahasiswa yang menyeberang jalan untuk mencari kelasnya.

Parkiran penuh. Semua area parkiran terlihat penuh. Motor-motor tertata di area parkiran. Helm-helm berwarna-warni terlihat berjejer di motor masing-masing. Petugas parkir sibuk menata kendaran para mahasiswa. Ketika penulis menanyakan keadaan perkiran hari ini, dengan semangat menjawab “Parkiran Full massss”.

Kantin buka kemmbali. Ya, dunia kuliner kampus bergeliat Kembali. Kantin di sekitar kampus kini sudah buka Kembali. Siap menyembuhkan kehausan dan kelaparan para mahasiswa. Para penjual dengan senyum ramah melayani setiap pembelian mahasiswa. Mereka juga merasakan kebahagiaan dari kuliah luring ini.

Menengok ke dalam kelas. Nampak para mahasiswa dengan seksama mengikuti perkuliahan. Perkuliahan di hari pertama lebih kepada pembukaan. Dosen dengan baik menjelaskan tentang proses perkuliahan yang akan dihadapi selama satu semester ke depan.

Para mahasiswa nampak riang gembira. Mungkin karena ini adalah pengalaman baru, bagi mahasiswa baru. Bertemu dengan teman baru. Dan tentu, bertemu dengan model pembelajaran baru yang berbeda dengan pembelajaran pada saat mereka masih di tingkat SMA/MA.

Juga ini merupakan hari bisa bertemu dengan teman kuliah bagi mereka yang selama ini masih kuliah secara daring. Mungkin juga ada yang selama ini bergelut dengan kuliah online dan belum pernah teman secara langsung.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada pagi tadi diadakan doa bersama sebagai awal perkuliahan semester ini. Dan hari ini para mahasiswa masuk kuliah secara luring. Ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri bersama. Setelah selama dua tahun ini tidak bisa melakukan kuliah luring. Syukur ini harus diwujudkan dengan melaksanakan segala bentuk perkuliahan dengan baik, dengan niat menuntut ilmu.

Selamat kuliah ya. Semangat.. (Humas IAIN Ponorogo)

BERITA TERKAIT

Translate »