Semangat Keakraban dan Kebersamaan Mahasiswa FTIK Ditengah PBAK

FTIK IAIN Ponorogo – Ponorogo (27/08/2022) Ribuan mahasiswa baru IAIN Ponorogo mengikuti kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) FTIK Tahun Akademik 2022/2023. Pada hari ini Sabtu, 27 Agustus 2022 merupakan hari kedua PBAK FTIK IAIN Ponorogo. Seluruh peserta PBAK FTIK mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat tanpa terkecuali. Mereka menghelat flashmob dalam kegiatan pagi hari ini. Para mahasiswa membentuk kreasi huruf dengan membawa kardus dan kertas asturo berwarna merah, kuning, dan hijau.

Sekurang-kurangnya ada 1.339 mahasiswa baru dari 11 prodi yang ada di FTIK IAIN Ponorogo berkumpul didepan gedung “Graha Watoe Dakon”. Secara kompak dan semangat, ribuan mahasiswa baru membentuk tulisan sesuai dengan pembagiannya masing-masing. Kegiatan tersebut digagas oleh panitia PBAK sebagai rileksasi bagi mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian acara.

Sebagai pembekalan mahasiswa baru, panitia juga mengadakan “Ngaji Ideologi Kebangsaan dan Ke-Islam-an” bareng Bapak Aris Tantowi, M.Pd. pada siang hari ini. Dari pelaksanaan kegiatan ini dapat dicermati bahwa sesungguhnya ada satu hal yang sangat mendasar untuk diperhatikan, yaitu semakin mengentalnya kesadaran elit bangsa ini untuk menegakkan kembali pilar kebangsaan yang pernah terdegradasi makna dan fungsinya. Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa harus mengapresiasi terhadap usaha apapun macamnya untuk mengembalikan makna dan fungsi dan Pancasila sebagai Ideologi Kebangsaan di era sekarang dan yang akan datang. Melalui usaha semacam ini, maka kita alan tetap memiliki keyakinan bahwa bangsa Indonesia akan tetap tegak memiliki keyakinan bahwa bangsa Indonesia akan tetap tegak dalam bingkai NKRI.

Berbicara tentang ke-Islam-an bahwa Al-Qur’an merupakan salah satu sumber dan ideologi ke-Islam-an. Sebenarmya di dalam Al-Qur’an itu terdapat berbagai macm ilmu lalu dikaji dalam berbagai macam ilmu pendidikan islam. Tidak terlepas dari bidang ilmu pendidikan islam haruslah merujuk pada sumbernya yaitu Al-Qur’an sebagai perspektif ideologi. Tidak semua ayat-ayatnya disimpulkan sebagai sumber dan ideologiseperti ayat yang berhubungan dengan pendidikan dan pembelajaran. Ideologi ke-Islam-an sebagai konten pembelajaran serta sumber sebagai media pembelajaran dalam ke-Islam-an.

Selama mengikuti PBAK FTIK 2 hari sejak 26-27 Agustus 2022, para mahasiswa menguras energi, pikiran, dan tenaga. Sehingga harus dapat penyegaran dan bersemangat kembali. Hari kedua PBAK FTIK 2022 ini sengaja dibuat ringan dan santai. Namun, lebih meriah dengan tujuan mengembalikan semangat keakraban dan kebersamaan antar mahasiswa.

Berita Lainnya