Menu Tutup

Sholat Gerhana Bulan di Masjid Ulin Nuha IAIN Ponorogo

Seperti diketahui bersama dan sudah diperkirakan sebelumnya oleh apra ahli bawah akan terjadi Gerhana Bulan, Selasa 8 November 2022 sore sampai malam. Gerhana bulan kali ini diprediksi di Indonesia akan dimulai pada pukul 16.09 WIB dengan Gerhana Total pada pukul 18.41 WIB.

Gerhana bulan atau dalam Bahasa arab disebut dengan khusuf. Dalam fenomena ini maka disunnahkan untuk mengerjakan sholat dua rokaat. Hukum sholat gerhana adalah sunah muakad.

UKI ULIN NUHA IAIN Ponorogo sebagai unit kegiatan islam di IAIN Ponorogo kali ini juga mengadakan sholat gerhana bulan berjamaah. Sholat gerhana dilakukan di Masjid Ulin Nuha Kampus I IAIN Ponorogo pada ba’da magrib. Sebelum diadakan Sholat Gerhana diawali dahulu dengan sholat magrib berjamaah.

Sebagai khatib dalam sholat gerhana bulan ini adalah beliau Prof. Dr. H. Abdul Mun’im, M.Ag. beliau merupakan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Ushul Fiqh Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.

Hadir dalam acara tersebut adalah para mahasiswa IAIN Ponorogo dalam hal ini adalah juga para anggota UKI ULIN NUHA IAIN Ponorogo.

Dalam khutbah Sholat Gerhana Bulan tadi malam, Prof. Mun’im mengajak para jamaah untuk memperbanyak amalan ibadah. Salah satu amalan ibadah yaitu memperbanyak shodaqoh dan juga berdzikir kepada Allah SWT.

Gerhana Bulan ataupun Gerhana Matahari adalah salah satu peristiwa astronomi yang jarang terjadi. Hal ini juga merupakan bentuk kuasa Allah SWT atas alam semesta ini. Melakukan sholat gerhana merupakan bentuk ibadah kita terhadap Allah SWT.

Hali ini juga disampaikan Prof. Mun’im dalam khutbah sholat gerhana bulan tadi malam. Beliau menjelaskan bahwa kita sebagai manusia juga dikatakan jarang melakukan sholat gerhana, karena memang peristiwa gerhana sendiri tersebut jarang terjadi.

Pada malam tadi bertepatan dengan adanya gerhana bulan maka menjadi sebuah waktu yang spesial.

Beliau juga menjelaskan bahwa manusia pada masa sekarang sudah mempunyai keilmuan yang begitu baik sehingga dapat mampu memprediksi dengan tepat kapan gerhana akan terjadi di suatu tempat. Hal tersebut dapat dihitung dan diprediksi dengan keilmuan falakiyah.

BERITA TERKAIT

Translate »