IAIN Ponorogo Gelar berbagai Kegiatan Peringati HAB 77 Kemenag RI

Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia atau biasa disebut HAB Kemenag RI adalah Peringatan Hari Lahir Kementertian Agama Republik Indonesia. HAB diperingati setiap tanggal 3 Januari setiap tahunnya.  Pada kali ini, peringatan HAB sudah memasuki yang ke 77. Kementerian Agama RI melalui Surat Edaran resminya mengajak seluruh satuan kerja memperingati. HAB 77 ini mengambil tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

IAIN Ponorogo sebagai salah satu bagian dari Kementerian Agama bergerak aktif untuk ikut memperingati Hari Amal Bhakti 77 ini. Pemasangan baliho bertema Hari Amal Bhakti ke 77 di sekitar IAIN Ponorogo. Selain itu juga penggunaan logo dan tema HAB 77 di semua bentuk publikasi, website, dan sosial media IAIN Ponorogo.

Beberapa agenda telah dipersiapkan IAIN Ponorogo guna memeriahkannya. Antara lain kegiatan Perlombaan Olahraga, Upacara Peringatan yang akan dilaksanakan tepat pada tanggal 3 Januari 2023 nanti dan dilanjutkan dengan istighosah doa bersama. IAIN Ponorogo juga akan melakukan silaturohmi ke kediaman para pendiri dan pendahulu IAIN Ponorogo.

Pertandingan Olahraga

Salah satu  yang dilakukan IAIN Ponorogo dalam memperingatai HAB 77 Kemenag adalah pertandingan olahraga. Sebagai salah satau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan ribuan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, IAIN Ponorogo merangkai  itu dalam sebuah kegiatan PORMA REKTOR CUP. Pekan Olahraga Mahasiswa dengan memperebutkan Piala Rektor IAIN Ponorogo. Sebagai salah satu rangkaian HAB, PORMA REKTOR CUP ini selain diikuti oleh mahasiswa IAIN Ponorogo juga diikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan.

PORMA REKTOR CUP IAIN Ponorogo dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember (Upacara Pembukaan), dan 18-16 Desember sebagai pelaksanaan perlombaannya. Adapun cabang yang diperlombakan antara lain adalah Badminton, Sepak Bola, Futsal, Tenis Meja, Bola Voli, dan Catur. Seperti disebutkan di atas, perlombaan diikuti oleh berbagai kalangan keluarga besar IAIN Ponorogo.

Kegiatan olahraga ini dalam rangka memperingati HAB 77. Selain itu juga sebagai ajang untuk memperkuat silaturahmi, kebersamaan, kekompakan, dan juga hiburan bagi seluruh Sivitas Akademika IAIN Ponorogo. Perlombaan ini juga tentunya sebagai wadah untuk mencari bibit unggul cabang olahraga bagi para mahasiswa yang nantinya dapat bertanding pada kegiatan antar perguruan tinggi, seperti PESONA I Bandung kemarin.

 

Upacara HAB ke 77 dan istighosah

Upacara sebagai peringatan Hari Amal Bhakti 77 Kementerian Agama akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2023 di halaman Kampus II IAIN Ponorogo. Seperti pada peringatan HAB sebelumnya, upacara ini akan dilaksanakan oleh seluruh Sivitas Akademika IAIN Ponorogo.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan istighosah dan doa bersama. Berdoa bersama untuk kebaikan seluruh Sivitas Akademika IAIN Ponorogo khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. Sesuai dengan semangat tema HAB ke 77 ini Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.

(HAB 77 Kemenag RI)

Berita Lainnya