Perkuat Kolaborasi International, IAIN Ponorogo Menindaklanjuti Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Menuju Universitas Islam Negeri (UIN), IAIN Ponorogo aktif menjalin kerjasama dengan dengan berbagai lembaga pendidikan di lingkup international. Salah satunya  kerjasama dengan Learning Center Permai Malaysia. Sebuah lembaga non pemerintah yang memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat Indonesia usia sekolah yang tidak memiliki identitas resmi di Malaysia.  Karena memiliki permasalahan administrasi dan legalitas, anak-anak tersebut tidak bisa menempuh Pendidikan formal di Malaysia.

Program yang dijalankan di Learning Center Permai Malaysia antara lain: mendirikan sekolah non formal bagi anak-anak yang tidak bisa menempuh pendidikan, mendirikan kelas tahfidz dan kelas agama, kelas bahasa Inggris, dan penyuluhan hukum secara berkala.

 

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo Menyusun program dan kegiatan penguatan tri dharma perguruan tinggi di kancah Internasional. Salah satunya dengan merencanakan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Internasional antara IAIN Ponorogo dan Learning Center Permai Malaysia. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi akademik di tingkat internasional.

Hari ini 26 Januari 2023, Rencana kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Internasional antara IAIN Ponorogo dan Learning Center Permai Malaysia ini dilegalisasi dalam bentuk Memorandum of Understansing (MOA). Pihak Learning Center Permai Malaysia menyambut baik kerjasama dengan IAIN Ponorogo. Dengan disepakatinya MOA ini, diharapkan mahasiswa Indonesia bisa berkontribusi secara aktif untuk menyelesaikan permasalahan dalam lingkup internasional. Terutama permasalahan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini tinggal di Malaysia.

Rektor IAIN Ponorogo juga menyambut baik kerjasama yang akan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini. Dengan adanya MOA antara LPPM IAIN Ponorogo dan Learning Center Permai Malaysia diharapkan mampu meningkatkan reputasi akademik mahasiswa IAIN Ponorogo untuk recognisi Internasional.

Berita Lainnya