IAIN Ponorogo Siap Mengirim Mahasiswa Magang Ke Madrasah Utsmaniyah Malaysia

IAIN Ponorogo secara masif menjalin kolaborasi International. Salah satunya dengan madrasah Utsmaniyah yang berada di Penang Malaysia. Madrasah Ustmaniyah adalah salah satu sekolah yang menerapkan fullday school dan menerapkan kurikulum integrative dalam pembelajaran. Kurikulum integrative yang diterapkan di madrasah Utsmaniyah ini mengkolaborasikan ilmu sains dan sosial dengan pendekatan keislaman.

Guna mempersiapkan lulusan calon guru yang memiliki pengetahuan akademis berwawasan international, rector IAIN Ponorogo didampingi oleh staff International Office mengunjungi madsarah Utsmaniyah di Penang Malaysia untuk keperluan kerjasama. Adapun kerjasama tersebut salah satunya dalam bentuk pengiriman mahasiswa magang untuk melakukan praktik mengajar di madsarah Utsmaniyah.

Rencana kerjasama dalam bentuk magang internasional tersebut disambut dengan antusias oleh pihak madsarah Utsmaniyah yang diwakili oleh Cikgu Amal sebagai Guru besar (Kepala Sekolah) dan dua cikgu lainnya yang menyambut kedatangan tim dari IAIN ponorogo. Cikgu Amal menyatakan bahwa madsarah Utsmaniyah bersedia menerima kehadiran calon guru dari IAIN Ponorogo untuk keperluan magang internasional.

   Rektor IAIN Ponorogo, menyampaikan terima kasih atas kesediaan madsrasah Utsmaniyah untuk menerima kehadiran mahasiswa magang dari AIN Ponorogo. Dr. Evi Muafiah M.Ag berharap adanya rencana magang internasional antara IAIN Ponorogo dan madsarah Utsmaniyah bisa mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak. Dengan adanya magang international ini, diharapkan mahasiswa IAIN Ponorogo mampu menerapkan kelimuwan dan kompetensi yang didapat selama menempuh Pendidikan di IAIN Ponorogo secara langsung. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami system kerja profesional, model kurikulum international yang mungkin belum ada di Indonesia.

Adapun tindak lanjut dari kerjasama baik dalam bentuk penandatanganan MOU, rencana MOA, dan pelaksanaan secara teknis akan ditindaklanjuti oleh tim International Office IAIN Ponorogo dan bagian kerjasama dari madrasah Utsmaniyah. Untuk selanjutnya diserahkan kepada unit dan fakultas sebagai pelaksana MOA.

Berita Lainnya