International Office IAIN Ponorogo Melakukan Bechmarking untuk Program Internasional di UIN Malang

Sebagai dasar penyusunan program International, tim IO IAIN Ponorogo melakukan kunjungan ke IO UIN Malang. Seperti diketahui bahwa UIN Malang mendapatkan penghargaan sebagai kampus dengan mahasiswa asing terbanyak di tingkat PTKIN. Maka langkah IO IAIN Ponorogo untuk melakukan bechmarking ke UIN Malang menjadi pilihan efektif sebagai dasar tindak lanjut program kerjasama internasional yang saat ini telah terjalin.

   Bechmarking ke UIN Malang dilaksanakan pada 2 February 2023 di ruangan wakil rector 3 bidang kemahasiswaan. Tim IO IAIN Ponorogo dihadiri oleh Wakil Rektor III IAIN Ponorogo bapak Dr. Miftahul Huda M.Ag yang membawahi divisi International Office, dan empat staff International Office yaitu Estu unggul Drajat M.Ec.Dev, Wilis Werdiningsih M.Pd.I, Lutfiana Dwi Mayasari MH.,M.SI, dan Desi Puspitasari M.Pd. turut hadir pula bapak Dr. Ahmad Sulton, M.Pd selaku koordinator CDC, divisi di bawah naungan Wakil Rektor III.

   Tim IO IAIN Ponorogo disambut oleh Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dan juga beberapa staff International Office UIN Malang dan tim CDC UIN Malang. Acara bechmarking ini diawali dengan sambutan Dr. Miftahul Huda selaku wakil rector III IAIN Ponorogo. Beliau menyatakan bahwa IO IAIN Ponorogo masih sangat baru sehingga ada banyak hal yang harus dipelajari terutama dari senior IO UIN Malang yang telah diakui kredibilitasnya.

   Selanjutnya, tim IO UIN Malang menyampaikan materi berkaitan dengan: (1) jalur penerimaan mahasiswa international, (2) proses review dokumen dan interview mahasiswa asing, (3) kegiatan pengembangan mahasiswa international, (4) program beasiswa internasional. Presentasi selanjutnya disampaikan oleh asisten wakil rector 4 bidang kerjasama. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengenai (1) pendekatan penjaringan mitra luar negeri (2) bentuk kerjasama yang terjalin antara UIN Malang dengan Lembaga international, (3) sebaran MOU.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sharing session antara tim IO IAIN Ponorogo dan tim IO UIN Malang. Diakhir sesi, tim IO UIN Malang mempersilahkan tim ION IAIN Ponorogo untuk bergabung dengan konsorsium International Office tingkat Jawa Timur untuk mendapatkan informasi terkini berkaitan dengan kerjasama internasional. IAIN Ponorogo juga diberikan akses untuk dapat bergabung dengan konsorsium kemitraan internasional salah satunta Western Australia East Java University Consortium [WAEJUC].

Berita Lainnya