International Office IAIN Ponorogo Melakukan Bechmarking Visit ke Universitas Brawijaya

International Office IAIN Ponorogo melakukan bechmarking visit ke Universitas Brawijaya pada 1 Februari 2023. Dalam kegiatan bechmarking visit tersebut, International Office IAIN Ponorogo menggali pengalaman Universitas Brawijaya dalam mengelola kerjasama international. Baik dalam proses penjajakan pra kerjasama, pelaksanaan kerjasama, kelembagaan, hingga program internasionalisasi yang sudah dijalankan oleh Universitas Brawijaya.

Adapun kegiatan bechmarking visit ke Universitas Brawijaya tersebut diikuti oleh Wakil Rektor III IAIN Ponorogo bapak Dr. Miftahul Huda M.Ag yang membawahi divisi International Office, dan empat staff International Office yair Estu unggul Drajat M.Ec.Dev, Wilis Werdiningsih M.Pd.I, Lutfiana Dwi Mayasari MH.,M.SI, dan Desi Puspitasari M.Pd. turut hadir pula bapak Dr. Ahmad Sulton, M.Pd selaku korrdinator CDC, divisi di bawah naungan Wakil Rektor III.

   Rombongan IAIN Ponorogo disambut hangat oleh pihak International Office Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Didik Hartono, SS.,M.Pd selaku penanggungjawab International Office Universitas Brawijaya, Ranitya Ganindha, S.H.,M.H selaku sekretaris, Nand Saraswati, S.H.,M.H selaku manager kerjasama internasional, Fitri Hariana Oktaviani SS.,SE sebagai pelayanan akademik mahasiswa, dan beberapa staff lainnya.

Beberapa topik yang didiskusikan dalam kegiatan bechmarking visit tersebut antara lain berkaitan dengan (1) Teknik yang dilakukan Universitas Brawijaya dalam melakukan kerjasama international, (2) program yang dicanangkan tim IO Universitas Brawijaya baik akademik dan non akademik untuk mahasiswa internasional, (3) metode pendanaan dalam pelaksanaan program international, (4) kendala dan tantangan yang dihadapi tim IO Universitas Brawijaya selama menjalankan program, (5) kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan antara IO Universitas Brawijaya dan IO IAIN Ponorogo.

Bapak Didik Hartono menjelaskan bahwa proses menuju kerjasama international dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan pendekatan alumni UB yang berada di luar negeri, menjadikan dosen yang sedang mengambil pendidikan doctoral di LN sebagai penyambung komunikasi dengan kampus setempat, dan juga berjejaring dengan konsorsium International Office. Artinya tidak ada cara baku untuk menjalin kerjasama, beberapa kerjasama bisa terjalin dengan mudah dan ada juga proses kerjasama yang mengalami negosiasi yang alot. Adapun program yang dicanangkan IO UB antara lain: summer camp, short course, very short course, student exchange, research collaboration, dan lain sebagainya.

Diakhir sesi, Dr. Miftahul Huda menyampaikan  terima kasih atas sambutan hangat dari tim IO Universitas Brawijaya dan mengharapkan adanya kerjasama antara IO Universitas Brawijaya dan IO IAIN Ponorogo terutama untuk program non degree mahasiswa asing. Gayung bersambut, IO Universitas Brawijaya bersedia untuk melakukan kolaborasi dengan IO IAIN Ponorogo untuk kegiatan internasional. Kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOA antara IO Universitas Brawijaya dan IO IAIN Ponorogo atas nama Wakil Rektor III

Berita Lainnya