Transformasi Digital dengan SuperApps, satu aplikasi untuk semua pelayanan.

IAIN Ponorogo sebagai perguruan tinggi harus membranding dirinya layaknya sebagai etalase yang menarik, yang nantinya dapat menarik mahasiswa untuk dapat kuliah di IAIN Ponorogo. Hal tersebut yang diharapkan Wibowo Prasetyo, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Images Building. Pernyataan tersebut diungkapkan Pak Bowo dalam materi Rapat Kerja IAIN Ponorogo 2023, 14 Februari 2023.

Branding sebagai perguruan tinggi yang dapat menarik mahasiswa merupakan tugas bersama. Dalam hal ini bukan hanya tugas Kehumasan saja, namun juga semua sivitas akademika IAIN Ponorogo. Demikian arahan lanjutan dari Gus Bowo, sapaan akrab beliau.

Seperti yang sering kita kita ketahui bersama, bahwa Kementerian Agama di bawah pimpinan Gus Menteri memprogramkan untuk Transformasi Digital. Dalam hal ini adalah transformasi digital di lingkungan Kemenag RI dalam melayani publik sehingga didapatkan pelayanan publik yang prima.  Guna mengimplemetasikan tersebut, salah satu yang dilakukan adalah dengan membuat SuperApps, satu aplikasi untuk semua. Demikian terusan dari Pak Bowo.

Gus Bowo kemudian melanjutkan, banyaknya aplikasi yang ada saat ini perlu disederhanakan dan disatukan dalam satu aplikasi besar. Banyaknya aplikasi khusunya aplikasi pelayanan cenderung tidak efektif. Satu aplikasi dan bisa menyeluruh bisa melayani semua kebutuhan publik tentu akan memudahkan para penggunanya.

Dalam perkembangan nantinya, Gus Bowo juga akan mengatur usulan pembuatan aplikasi di lingkungan Kemenag. Semua aplikasi yang akan dibuat harus mendapatkan ijin dari Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama.

Nantinya aplikasi yang dikembangkan di Kementerian Agama dalam konteks ini adalah di Perguruan Tinggi haruslah mampu memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada para pengguna. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut haruslah adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Berita Lainnya