VISITASI ALIH STATUS IAIN PONOROGO MENUJU UIN OLEH TIM KEMENTERIAN AGAMA RI

Proses perubahan IAIN Ponorogo untuk menjadi Universitas Islam Negeri terus dikawal dengan baik. IAIN Ponorogo menerima kunjungan untuk visitasi alih status tersebut dari Tim Visitasi Kementerian Agama. Rombongan terdiri dari Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Setjen Kemenag Dr. H. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum. yang hadir melalui zoom meeting, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Dr. Thobib Al Asyhar, Subkoordinator Bina Kelembagaan Ibu Farhatin Ladia, didampingi oleh Ibu Arini Dina Yushofa. Dalam acara visitasi tersebut juga hadir Staf Khusus Menteri Agama bidang Moderasi Beragama, Dr. H. Mohammad Nuruzzaman, M.Si (22/02/2023).

 

Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan  bahwa IAIN Ponorogo telah menyiapkan berbagai dokumen persyaratan alih status sesuai PMA No. 81/2022 Tentang Pendirian, Perubahan dan Pembubaran PTKN. Rektor IAIN Ponorogo berharap perubahan alih status menjadi UIN Kiai Ageng Muhammad Besari dapat meningkatkan layanan pendidikan yang  merata dan bermutu sesuai dengan amanah visi dan misi Kementerian Agama. Staf Khusus Menteri Agama Dr. H. Mohammad Nuruzzaman, M.Si dalam sambutan arahannya menyampaikan agar nantinya jika IAIN Ponorogo sudah beralih status menjadi UIN lebih dapat melahirkan ahli-ahli dalam ilmu keagamaan dan mencetak lulusan yang berkualitas.

Agenda visitasi alih status yang berlangsung di Aula Pascasarjana Lantai III IAIN Ponorogo dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tim alih status IAIN Ponorogo menuju UIN dan verifikasi lapangan dengan kunjungan ke beberapa titik lokasi di kampus I, antara lain ruang kuliah Pascasarjana, Ruang administrasi dan Perpustakaan Pusat. Kepala Perpustakaan, Alwan Wibawanto menyampaikan bahwa perpustakaan sudah meraih predikat A di tahun 2022 dan sudah melayani perpustakaan secara digital.

Tim juga melakukan visitasi lapangan di Kampus II IAIN Ponorogo, yaitu di Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.  Terjadi diskusi serius saat Tim Visitasi Kementerian Agama mengunjungi Mini Bank di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama menyampaikan bahwa IAIN Ponorogo saat menjadi UIN nanti harus punya distingsi yang salah satunya adalah melalui keberadaan Mini Bank tersebut. Di penghujung acara dilakukan penandatanganan BAP oleh Rektor, Ketua Senat, dan Tim Penilai Visitasi alih status.

Berita Lainnya