Pecel dan Jajanan Khas Ponorogo, laris manis di PWN PTK Gorontalo.

Gorontalo, 26/5/2023. Wisata Kuliner Nusantara yang menghadirkan beragam masakan asli Nusantara disajikan di Gorontalo. Acara ini masih rangkaian PWN PTK XVI 2023 IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kontingen peserta yang berasal dari seluruh Indonesia menyajikan dan memamerkan masakan khas daerah masing-masing. Lengkap dengan segala jajanan khas mereka.

  

IAIN Ponorogo hadir dengan bangga menyajikan pecel. Pecel khas Ponorogo. Pecel dengan sambal dan sayur serta racikan khas Ponorogo. Walaupun diketahui jika pecel bisa ditemukan di berbagai tempat, namun pecel Ponorogo mempunyai ciri khas tersendiri. Terutama untuk sambal dan racikan sayurnya.

Selain pecel, Kontingen IAIN Ponorogo juga menyajikan beberapa jajanan dan minuman khas daerah. Jajanan tersebut antara lain adalah Jenang, Gethuk, Sari Tape, Geti, Ampyang kacang, Lentho Goreng, sampai pada minuman Wedang Uwuh (wedang rempah).

Semua disajikan dan dipresentasikan dengan cantik. Menambah cita rasa untuk menikmatinya. Ditambah dengan petugas yang menyajikan berpakaian Warok, Ponorogo-nya menjadi maksimal.

Acara yang dikemas dalam tajuk Kuliner Nusantara tersebut sebelumnya dimulai dengan pelatihan membuat makanan khas Gorontalo, Milu Siram. Milu siram adalah makanan berbahan dasar jagung yang disajikan dengan cara disiram dengan kuah dan berbagai bahan lainnya. Rasannya enak, penulis sudah mencobanya.

Di akhir presentasi Kuliner setiap daerah, pengunjung boleh mencicipi makanan tersebut. Tak ayal, pecel Ponorogo menjadi serbuan para pengunjung. Dalam waktu sekejab pecel Ponorogo habis diserbu pengunjung. Begitu juga dengan jajanan dan minuman khas lainya. Semua laris manis tiada sisa. Mantab.

Alhamdulillah, Kontingen IAIN Ponorogo mendapatkan penghargaan dalam Ketegori 10 besar Kuliner Nusantara terbaik. Hal tersebut disampaikan dalam acara Upacara Ptnutupan PWN PTK XVI 2023.

Berita Lainnya