Ujian SSE UM-PTKIN 2023 telah dimulai, 1260 peserta melaksanakan ujian di IAIN Ponorogo.

Ponorogo, 29/5/2023. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur UM-PTKIN 2023 atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) telah memasuki tahap ujian. Seperti yang telah dijadwalkan, Ujian SSE UM-PTKIN berlangsung pada tanggal 29 Mei-8 Juni 2023. Ada 59 titik lokasi ujian yaitu kampus PTKN se-Indonesia. IAIN Ponorogo menjadi salah satu titik lokasi ujiannya.

Para peserta akan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Ujian akan menggunakan komputer (PC/Laptop) yang telah disediakan panitia di ruang-ruang lokasi ujian. Pada titik Lokasi Ujian IAIN Ponorogo telah disiapkan segala kebutuhan untuk mendukung ujian SSE UM-PTKIN ini, baik komputer dan juga ruangannya.

Adapun peserta yang melakukan ujian di IAIN Ponorogo adalah berjumlah 1260 orang. IAIN Ponorogo akan melaksanakan tiga sesi setiap harinya dengan setiap sesi telah disiapkan tiga ruangan dengan 20 PC/laptop setiap ruangnya. IAIN Ponorogo akan melaksanakan tujuh hari ujian sesuai jadwal.

Dari pantauan kami, calon peserta ujian datang dengan rapi dan tertib untuk melaksanakan ujian SSE UM-PTKIN ini. Panitia dengan sigap mengarahkan dan menyiapkan segala sesuatunya.

Hadir langsung pada sesi pertama ini para Pejabat IAIN Ponorogo di lokasi Ujian. Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag, Wakil Rektor I, Dr. Mukhibat, M.Ag. dan Kepala Biro AUAK, Dr. H. Samsi, M.M. dan beberapa pejabat lainnya. Beliau hadir langsung memantau di lokasi ujian. Koordinasi dengan panitia pusat lewat zoom juga dilakukan. Rektor IAIN Ponorogo menyampaikan kesiapan dan laporan langsung dari Lokasi Ujian IAIN Ponorogo.

Prof. Dr. H. Nizar Ali, M. Ag., Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia dalam sambutan pembukaan SSE UM-PTKIN 2023 lewat zoom menyampaikan, ujian ini menjadi sarana untuk menjaring mahasiswa terbaik yang akan masuk PTKIN. Diharapkan mampu menjaring calon mahasiswa yag mempuyai prestasi, baik akademik dan non akademik. Beliau juga bersyukur bahwa setiap tahun grafik calon mahasiswa yang masuk UM-PTKIN mengalami peningkatan.

Ujian yang akan berlangsung sampai pada 8 Juni secara nasional ini akan menyeleksi 95.769 calon mahasiswa yang masuk PTKIN.

Berita Lainnya