IAIN Ponorogo Peringati Harlah Pancasila, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

Ponorogo. Kamis, (1/6/2023) . Setiap Tanggal 1 Juni, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Sivitas Akademika IAIN Ponorogo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023. Bertempat di halaman Kampus I IAIN Ponorogo, Kamis, 1 Juni 2023.

Peringatan Hari Lahir Pancasila diperigati setiap 1 Juni. Hal tersebut merujuk pada peristiwa peristiwa Panjang persiapan Kemerdekaan  Indonesia oleh BPUPKI. Puncaknya pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Berdasarkan Surat Edaran, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hal ini memberi pengertian untuk pentingnya mengamalkan Nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman.

Sebagai Pembina Upacara hari ini adalah Wakil Rektor I IAIN Ponorogo, Dr. Mukhibat, M.Ag. Dalam amanat upacara beliau menyampaikan untuk terus mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan. Salah satunya adalah dengan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai perwujudannya. “Kita hadir di sini merupakan wujud dari nilai Pancasila, jiwa dan raga kita bisa hadir di sini sebagai wujud nilai-nilai Pancasila” Kata beliau.

Beliau juga mengingatkan untuk mengamalkan tema besar Hari Lahir Pancasila tahun ini yaitu Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Selanjutnya beliau juga mengajak untuk terus mengembangkan nilai Pancasila dalam perkembangan jaman ini. Perjalanan Sejarah Indonesia yang panjang telah memberikan gambaran akan perkembangan perwujudan Nilai Pancasila. “Kita harus aktif untuk mencari referensi mengenai perwujudan Nilai Pancasila, sesuai perkembangan saat ini” tutup beliau.

Berita Lainnya