Rektor IAIN Ponorogo dan Enam Rektor PTKN Bangun Komitmen Peningkatan Kapabilitas SPI bersama Inspektur Jenderal Kemenag RI

Peningkatan Kapabilitas SPI di PTKN terus dibangun oleh Inspektoral Jenderal Kemenag RI. Seperti yang dilakukan sebelumnya yaitu pemetaan SPI di tujuh PTKN sebagai Pilot Project pembangunan Kapabilitas SPI. IAIN Ponorogo menjadi salah satu dari tujuh PTKN yang menjadi Pilot Project ini.

Pada hari Kamis 12 Oktober 2023 dilakukan penandatanganan Komitmen Peningkatan Kapabilitas SPI antara pimpinan PTKN bersama Inspektur Jenderal Kemenag. Dr.Hj.Evi Muafiah, M.Ag. Rektor IAIN Ponorogo hadir dan berkomitmen penuh pada Peningkatan Kapabilitas SPI ini.

Peningkatan kapabilitas SPI ini menjadi suatu yang penting, untuk bisa menjadi early warning dan mitra kerja dalam mewujudkan tujuan dari IAIN Ponorogo. Oleh karena itu Dr.Hj.Evi Muafiah, M.Ag. hadir secara langsung dan mendukung penuh atas project Inspektur Jenderal Kemenag RI ini.

Bersama ketujuh pimpinan PTKN lain, Rektor IAIN Ponorogo menandatangani kesepakatan pembangunan kapabilitas SPI langsung bersama Inspektur Jenderal Kemenag RI dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. Disaksikan oleh Kepala SPI, Sekretaris SPI, Humas dari ketujuh PTKN Pilot Project tersebut dan awak media lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tujuh PTKN yang menjadi Pilot Project dalam pengembangan SPI. Ketujuh PTKN tersebut adalah UIN Imam Bonjol Padang, UIN Alauddi Oktober n Makassar, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Mataram, IAIN POnorogo, dan IAIN Metro Lampung.

Penandatangan kesepakatan ini merupakan langkah lanjutan dari project peningkatan kapabilitas SPI, dimana sebelumnya diadakan pemetaan di IAIN Ponorogo dan keenam PTKN lainnya. Dari hasil pemetaan tersebut kemudian Rektor IAIN Ponorogo dan keenam rektor lainnya berkomitmen untuk mendukung langkah selanjutnya.

Prof, Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP.,M.T., Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengatakan, “Tanda Tangan komitmen bersama ini adalah untuk menuju PTKN yang lebih baik.” Oleh karena itu beliau mendukung dan mendorong penuh atas peningkatan kapabilitas ini. Sedangkan Dr. H. Faizal Ali Hasyim, S.E.,M.Si. Inspektur Jenderal Kemenag menyatakan, “SPI adalah mata dan telinga pimpinan PTKN, Rektor. Untuk bisa melakukan pengawasan di lingkungannya”. Menurut beliau, SPI yang menjadi kuat akan bisa untuk mendukung pimpinan PTKN dalam mensukseskan program kerjanya. (S)

Berita Lainnya