Rektor dan Tim IAIN Ponorogo hadiri persiapan integrasi SIAKAD PTKN

Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dan Wakil Rektor II Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag. beserta tim UPT TIPD IAIN Ponorogo hadiri Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik atau yang lebih dikenal dengan SIAKAD di Jakarta,30 Okt – 3 Nov 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekjen Kemenag RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk bisa memberikan layanan lebih baik, nyaman, mudah, dan juga cepat. Layanan yang demikian semakin dibutuhkan oleh khalayak dalam kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Peningkatan layanan ini juga mutlak ditingkatkan pada SIAKAD guna meningkatkan mutu PTKN.

Integrasi SIAKAD ini menjadi hal yang penting. Dalam hal ini Kementerian Agama RI menggandeng nara sumber dari KemenPANRB, Kemenkominfo dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) guna semakin mengoptimalkannya.

Peningkatan layanan sistem informasi yang terintegrasi mutlak dilakukan mengingat kondisi digital juga semakin meningkat. Data di lapangan menunjukkan bahwa 77% masyarakat aktif mengakses internet. Terutama untuk mahasiswa yang merupakan khalayak dari SIAKAD PTKN.

Namun demikian, peningkatan layanan akademik ini juga harus dilakukan dengan seksama, karena tentu saja akan ada resiko yang mungkin bisa timbul. Terutama untuk hal data.

Integrasi SIAKAD ini juga diperkuat oleh Forum Rektor PTKN melalu komitmen bersamanya. Forum rektor berkomitmen untuk semakin memperkuat transformasi digital di PTKN. Selain itu, forum rektor juga membicarakan langkah-langkah strategis lain untuk kemajuan PTKN.

Berita Lainnya