DWP adakan Sosialisasi Gerakan Anti Korupsi, Komitmen Pencegahan Korupsi Berbasis Keluarga

Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Ponorogo mengadakan sosialisasi Gerakan anti korupsi. Acara digelar di Aula Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo (29/11/2023).

Sebagai peserta sosialisasi ini adalah anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Ponorogo. Sedangkan sebagai pemateri adalah Drs. H. M. Muhsin, M.H, Kepala Satuan Pengawasan Intern IAIN Ponorogo.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. hadir langsung dalam kegiatan ini. Beliau mendukung penuh kegiatan ini sebagai upaya pencegahan korupsi. Banyak cara dalam pencegahan korupsi, salash satunya berbasis keluarga. Dalam hal ini peran Perempuan di keluarga bisa menjadi penting.

Acara Sosialisasi Gerakan Anti Korupsi ini merupakan tindak lanjut dari acara Training of Trainer (ToT) “Kusemai Nilai” yang dilaksanakan di Jakarta pada Tgl. 26 Okt sd 28 Okt 2023. Acara yang bertajuk “Berlandaskan Nilai, Membangun Budaya” terlaksana atas kerjasama Itjen Kemenag bersama Srikandi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Itjen Kemenag dan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia.

“Kusemai Nilai” artinya adalah Kutanamkan Sembilan Nilai. Sembilan Nilai Integritas dari Kusemai tersebut yaitu Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil, Kerja Keras yang disingkat menjadi “JUMAT BERSEPEDA KK.”

Dalam acar tersebut, Ketua DWP Itjen Kemenag, Cut Haslinar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen pencegahan korupsi berbasis keluarga yang dimulai dari perempuan. Program ini menjadikan perempuan sebagai titik awal pendidikan nilai-nilai antikorupsi yang dimulai dari keluarga dan terus meluas ke jejaring di lingkungan sosial masing-masing. Harapannya, dari program ini dapat menjadi gerakan internal Kemenag yang dapat menjadi pengungkit percepatan pembangunan budaya berintegritas.

 

Berita Lainnya