Pembekalan Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo Tahun 2024. KPM adalah Bagian Kegiatan Akademik.

Rabu, 26/6/2024. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo adakan pembekalan bagi para peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo Tahun 2024. Acara digelar di GOR Mahad IAIN Ponorogo.

Kegiatan ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan utama Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo Tahun 2024. Tujuannya adalah tentu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta yang bisa diaplikasikan di lapangan nantinya. Acara dihadiri oleh segenap Pimpinan IAIN Ponorogo, LPPM, dan peserta KPM IAIN Ponorogo tahun 2024.

Pembekalan Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo Tahun 2024 menghadirkan narasumber Mawi Khusni Albar, M.Pd.I. Korpus PKM UIN KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto dengan materi “Metodelogi PKM dan Pendekatan ABCD”. Sedangkan pada sesi kedua nanti ada Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama & Pencegahan Kekerasan Seksual dengan menghadirkan narasumber Indun Fanani, S.Th.I, M.Pd. (Kementerian Agama Ponorogo) & Rahayu Purwaningsih, S.E (Spek-HAM Solo) yang akan dimoderatori oleh Dr. Hj. Isnatin Ulfah, M.H.I (Korpus PSGA IAIN Ponorogo) dengan Keynote Speech dari M. Rozi Indrafuddin, M. Fil.l (Korpus Moderasi Beragama IAIN Ponorogo).

Acara dibuka oleh Plh. Rektor IAIN Ponorogo beliau Prof. Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini adalah kegiatan akademik. Maka selanjutnya dalam KPM harus menggunakan pendekatan-pendekatan secara akademik.

“KPM ini adalah sebagai kegiatan akademik, maka pastikan nanti KPM meliputi nilai-nilai akademis. KPM adalah bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan akademik” jelas beliau.

Selanjutnya beliau berpesan bahwa nantinya dalam kegiatan KPM para mahasiswa untuk bisa menjaga kesehatan dan menjaga nama baik almamater. Beliau berharap bahwa para mahasiswa bisa berkontribusii kepada masyarakat. Kegiatan akademis sejatinya bukan hanya belajar di meja kampus namun juga berkontribusi di lapangan.

Senada dengan Prof Agus, Ketua LPPM IAIN Ponorogo Dr. Ahmadi, M.Ag. mengingatkan kepada para mahasiwa KPM untuk selalu hati-hati di lokasi nantinya. Maka perlu dilakukan persiapan yang matang segala sesuatunya sebelum terjun ke Lokasi KPM.  (SY)

Berita Lainnya