Workshop Peningkatan Mutu SDM Pengelola Perpustakaan. “Menuju Layanan Era Digital”

Kamis, 27/6/2024. Perpustakaan IAIN Ponorogo adakan Workshop Peningkatan Mutu SDM Pengelola Perpustakaan. Acara tersebut diikuti oleh Pustakawan dari berbagai kalangan, mulai Kalangan Perguruan Tinggi, Sekolah, sampai pada Pondok Pesantren. Kegiatan dilakukan di Amaris Hotel Ponorogo. Sebagai pemateri dalam workshop ini adalah Bapak Sugeng Wahyu Ariyadi, S.Sos. MM. (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur).

Turut hadir dadalam kegiatan ini adalah Plh. Rektor IAIN Ponorogo beliau Prof. Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag. Dalam sambutannya mewakili Rektor IAIN Ponorogo Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. mengapresiasi kegiatan ini. Harapan beliau adalah melalui kegiatan ini dapat memberikan keberkahan dan meningkatkan layanan perpustakaan yang sekarang ini menuju layanan era digital.

“Perkembangan jaman yang semakin cepat menuntut kita untuk terus dinamis. Termasuk layanan perpustakaan. Peningkatan layanan mutu yang berbasis digital pada perpustakaan merupakan hal penting dan harus terus ditingkatkan” ujar beliau.

Apresiasi tinggi juga beliau harturkan kepada para pustakwaan yang terutama hadir dalam workshop ini. Sebagai salah satu ujung tombak dalam kegiatan akademis, pustakawaan selama ini masih kurang diperhatikan dengan baik. Padahal peran pustakawaan begitu penting. Bagaimana mereka setiap hari menjadi pelayanan untuk menyediakan sumber keilmuan.

Senada dengan Prof. Agus, Kepala Perpustakaan IAIN Ponorogo Bapak Alwan Wibawanto, S.Th.I, M.E. mengatakan bahwa peningkatan layanan perpustakaan pada saat ini menjadi hal penting. Perkembangan jaman era digital menuntut layanan perpustakaan yang harus berbasis digital. Beliau juga mengajak kepada para peserta untuk bisa belajar dan bekerja sama dalam meningkatkan layanan perpustakaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi dari Bapak Sugeng Wahyu Ariyadi, S.Sos. MM. (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Para Peserta yang terdiri dari pustakawan berbagai sekolah dan pondok pesantren megikuti dengan baik kegiatan ini. (SY)

Berita Lainnya