Temu Racana Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam XIV Resmi Dibuka. Pramuka, Siap Berkontribusi untuk Masyarakat

Senin, 1 Juli 2024. Temu Racana Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam Ke XIV atau disingkat TRP3TI resmi dibuka. TRP3TI Ke XIV 2024 dilaksanakan di IAIN Ponorogo, 1-5 Juli 2024. TRP3TI TRP3TI Ke XIV 2024 adalah ajang Pramuka Pandega Se-Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Samarinda. Kegiatan ini secara rutin setiap dua tahun sekali dilakukan. Kali ini yang menjadi tuan rumah adalah IAIN Ponorogo.

Seperti diberiatakan sebelumnya, yang menjadi peserta TRP3TI adalah pramuka pandega dari Perguruan Tinggi Keamaan Islam eks IAIN Sunan Ampel. Adapun Perguruan Tinggi Keamaan Islam eks IAIN Sunan Ampel terdiri dari IAIN Ponorogo, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, UIN Mataram, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, IAIN Kediri, dan IAIN Madura. Para peserta TRP3TI Ke XIV 2024 adalah pramuka pandega dari kampus tersebut kecuali UIN Samarinda yang berhalangan hadir.

Acara pembukaan  TRP3TI dihadiri oleh segenap pimpinan dan Sivitas Akademika IAIN Ponorogo, mulai dari Rektor dan seluruh Wakil Rektor, Seluruh Dekan, Kabiro AUAK, Seluruh Kabag dan Kasubag, tenaga kependidikan, serta tentu saja para peserta pramuka pandega. Juga dihadiiri oleh Pengurus Gerakan Pramuka, mulai dari Kwarnas sampai pada Kwarcab.

Rektor IAIN Ponorogo Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. selaku Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini dapat memberikan kemanfaatan ke depannya. Beliau berharap bahwa Pramuka bisa memberikan nilai positif kepada masyarakat.

Melalui seluruh kegiatan yang telah dirancang dalam TRP3TI Ke XIV 2024 ini diharapkan bisa memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. “Pramuka dalam TRP3TI ini adalah bagian dari generasi muda Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang bisa dibanggakan. Melalui kegiatan TRP3TI Ke XIV 2024 semoga para peserta bisa menunjukkan bahwa Pramuka bisa berkontribusi nyata dan bisa dibanggakan” ujar beliau.

Apa yang disampaikan Ibu Rektor senada dengan Pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Nasional. Dalam hal ini dihadiri oleh beliau Dr. Sigit Muryono, M.Pd., Kons. Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Muda.

Dalam sambutannya yang mewakili Ketua Kwarnas Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Drs. H. Budi Waseso yang berhalangan hadir karena bersamaan dengan kegiatan lainnya, Kak Sigit menyampaikan banyak hal. Salah satunya yang menjadi point utama adalah Pramuka sebagai Gerakan generasi muda diharapkan mampu berkontribusi dan bermanfaat untuk masyarakat. Melalui kegiatan TRP3TI Ke XIV 2024 tentu sebagai ajang untuk berkarya bagi para Pramuka, khususnya Pramuka Pandega dari Perguruan Tinggi Islam eks IAIN Sunan Ampel.

Acara Temu Racana Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam (TRP3I) Ke XIV  ini selajutnya dibuka secara langsung oleh Kak Sigit. Kemudian dilakukan penerbangan balon bersama Kakak Pembina lainnya sebagai simbol bahwa kegiatan TRP3TI 2024 ini telah dimulai. Keseluruhan agenda TRP3TI Ke XIV 2024 akan dilaksanakan pada 1-5 Juli 2024. (SY).

 

Berita Lainnya