Menu Tutup

Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, MT (Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) Mengukuhkan Rektor IAIN Ponorogo sebagai guru besar dalam ilmu Sosiologi Agama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Bertambah satu lagi guru besar di IAIN Ponorogo, beliau adalah Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf M.Ag yang dikukuhkan pada Sabtu, 30 Januari 2021 oleh Bapak Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, MT (Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) di Gedung Auditorium Graha Watoe Dhakon Kampus I IAIN Ponorogo Jl. Pramuka 156 Ponorogo. Begitu banyak perjuangan dan jerih payah Prof Maryam dalam mengembangkan IAIN Ponorogo. Prof Maryam merupakan orang yang gigih pantang menyerah dan selalu menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Sebagai profesor dalam bidang Ilmu Sosiologi Agama Profesor Maryam dikenal baik dengan masyarakat dan juga lingkungan masjid dekat rumah beliau.

“Ibu Maryam itu orang yang humble, dermawan walaupun dia seorang rektor tetapi tidak sombong kepada warga sekitar sini. Beliau walaupun pulang sore tapi tetap menyempatkan untuk pergi ke masjid”. Tutur Erna Widyiastuti ketua PKK RW 06 Kelurahan Singosaren.

“Sosiologi agama yang dikembangkan Prof Maryam mampu memotret perilaku masyarakat islam Indonesia dengan kekayaan lokal Wisdom sehingga memunculkan tradisi dan perilaku muslim yang torelan yang mencritakan Islam rahmatan lil alamin” Ungkap Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag. M.Si Guru Besar Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta & Tim Penilai Guru Besar Ditjend Pendidikan Islam Kemenag RI.

Dalam pidato pengukuhannya, Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, MT. Mengatakan  “Guru besar merupakan salah satu pengakuan negara atas kontribusi pemikiran dan pengabdian dari seorang dosen, saat ini rektor IAIN Ponorogo dikukuhkan sebagai profesor bararti negara mengakui atas keilmuan dan pemikiran rektor IAIN Ponorogo”, terang Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, MT.

Dalam Orasi Ilmiah Profesor Maryam menyampaikan, “Agama sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, agama sebagai suatu keyakinan yang dianut oleh seseorang yang berpengaruh terhadap motivasi, sistem nilai maupun pedoman hidup adalah melalui para tokoh agama. Bagaimana proses interaksi dalan tarekat naqsabandiyah, Khalidiyah dalam melakukan suluk atau khalwat dengan menyendiri banyak berzikir kepada Allah dengan konsentrasi sehingga membuat kepuasan diri dan semangat untuk malakukan tugas urusan dunia.”

Setelah Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag dikukuhkan sebagai guru besar perempuan pertama IAIN Ponorogo, diharapkan dapat menjadi pemicu dosen-dosen perempuan yang lainnya untuk bisa menjadi seorang Profesor.

Semoga prestasi yang dicapai profesor Maryam dapat menjadi pemicu para dotor di IAIN Ponorogo untuk meraih posisi tertinggi sebagai guru besar”. Harapan Dr. Saifullah, M.Ag Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama.

Selamat, atas pengukuhan guru besar Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag. dalam Bidang Ilmu Sosiologi Agama, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.


Humas IAIN Ponorogo

BERITA TERKAIT

Translate »