LPTK FATIK IAIN Ponorogo Laksanakan Refreshment Ujian Komprehensif Bagi Calon Penguji PPG Dalam Jabatan

IAIN Ponorogo – Sabtu, 31 Juli 2021 LPTK Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo melaksanakan Refreshment Ujian Komprehensif Bagi Calon Penguji PPG Dalam Jabatan Tahun 2021. Kegiatan refreshment kali ini pada pukul 08.00 WIB dan dilaksanakan secara blended (daring dan luring) di Gedung Indrakila Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Dalam sambutannya Dekan FATIK Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag. menyampaikan bahwa pada tahun ini LPTK FATIK IAIN Ponorogo mendapat amanat sekitar 400 peserta dari Diktis Kemenag RI yang harus didik dalam program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Beliau berdoa semoga semua yang telibat mendapat taufik, inayah dan pitulung dari Allah SWT untuk bisa mengemban amanah yang diberikan oleh Kemenag ini. Beliau juga berharap kepada seluruh dosen instruktur untuk bisa mengikuti agenda sampe selesai karena diakhir acara akan dilakukan penyamaan persepsi teknis ujian komprehensif.

“Terimakasih kepada para dosen yang mau menjadi guru dalam program ppg ini, karena memang ppg ini kerjanya marathon hamper tidak ada waktu jeda. Tetapi jika kita lakukan dengan enjoy biasa saja semuanya akan terasa mudah, karena kita sudah terbiasa untuk melakukannya.” Tutur Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag selaku Rektor IAIN Ponorogo dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut.

Acara refreshment ini menghadirkan 1 orang narasumber dari Tim Pengembangan LMS PPG Dalam Jabatan Kemenag RI yaitu Muhammad Syamsul Ma’arif , M.H yang menyampaikan materi secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Muhammad Syamsul Ma’arif , M.H selaku narasumber menyampaikan tentang teknis ujian komprehensif. Di awal pemaparannya, pemateri menyampaikan tentang prinsip ujian komprehensif PPG yang pada hakikatnya tidaklah jauh berbeda dengan ujian komprehensif pada jenjang strata 1 yaitu untuk mengetahui sejauh mana peserta PPG memahami materi yang diajarkan.

Diakhir pemaparannya, pemateri berpesan kepada LPTK FATIK IAIN Ponorogo terkait pembagian dosen instruktur pada PPG Daljab gelombang ke 2 “Bapak Ibu semua, waktu pelaksanaan PPL gelombang 1 berbarengan dengan pendalaman materi gelombang ke 2, maka harus diantisipasi terkait pembagian dosen. Karena dosen tidak bisa diplot bersamaan. Jika dosen sudah diplot di PPL gelombang 1 maka tidak bisa menjadi dosen pengampu di pendalaman materi gelombang 2” ujar pemateri.

Agenda hari ini ditutup dengan penyamaan persepsi antar penguji yang dipimpin oleh Dr. Ju’ Subaidi, M.Ag. dan didampingi oleh H. Mukhlison Effendi, M.Ag., selaku tim pengarah pada acara Refreshment Ujian Komprehensif Bagi Calon Penguji PPG Dalam Jabatan. Salah satu hal yang disepakati adalah penggunaan live video conference untuk praktek peer teaching.  Platform video conference yang direkomendasikan adalah zoom meetinggoogle meet dan jitsi meet. (disadur dari https://tarbiyah.iainponorogo.ac.id/index.php/2021/08/02/lptk-fatik-iain-ponorogo-laksanakan-refreshment-ujian-komprehensif-bagi-calon-penguji-ppg-dalam-jabatan/)

Berita Lainnya