WISUDA SARJANA DAN PASCASARJANA IAIN PONOROGO PERIODE I SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Institut Agama Islam Negeri Ponorogo ( IAIN Ponorogo ) mengadakan acara Rapat Terbuka Senat wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode I Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020, Sabtu 28 September 2019 bertempat di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo, di Jalan Pramuka No 156 Ponorogo. Sejak pagi sudah nampak ramai lokasi wisuda ini dengan raut-raut wajah gembira dari para wisudawan dan juga wali mahasiwa yang datang menyaksikan putra-putri kesayangannya yang diwisuda hari ini.

Tercatat, jumlah wisudawan IAIN Ponorogo periode ini adalah 406 wisudawan, terbagi atas magister dan sarjana.  Dimana terinci program magister terdiri atas 3 magister yaitu Program Studi Ekonomi Syariah, 12 magister Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1 magister Program Studi Hukum Keluarga, dan 6 magister Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Sedangkan dari sarjana yaitu terdiri dari 4 Fakultas. Di mana  49 sarjana dari Fakultas Syariah, yang terdiri dari 14 sarjana dari Jurusan Hukum Keluarga Islam dan 35 sarjana Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selanjutnya, 268 sarjana dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan rincian 119 sarjana dari Jurusan Pendidikan Agama Islam, 41 sarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 65 sarjana Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 19 sarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, 12 Sarjana Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan 12 sarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Selanjutnya, ada 20 sarjana dari  Fakultas ushuludin Adab dan Dakwah yang terdiri atas 4 sarjana Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan 16 sarjana Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Kemudian ada 27 sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan rincian 10 sarjana dari Jurusan Ekonomi Syariah dan 37 sarjana dari Jurusan Perbankan Syariah.

Acara wisuda dibuka dengan rombongan senat beserta panji-panji IAIN Ponorogo memasuki ruangan, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Rangkaian acara wisuda dilanjutkan sebagaimana upacara pemberian selamat kepada wisudawan dan wisudawati. Dalam rangkaian acara tersebut juga diberikan pemberian penghargaan kepada wisudawan terbaik dari setiap fakultas. Pemberian penghargaan langsung diberikan oleh Rektor IAIN Ponorogo, Ibu Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag. Penghargaan Wisudawan Terbaik diberikan kepada:

  • DOMI CAHYO DAMAI, M.E. dari Program Pascasarjana.
  • FARIDATUL ISLAHIYYAH, S.H. dari Fakultas Syari’ah.
  • SANG’ADAH, S.Pd. dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  • ERWANDA SELVIANA, S.Sos. dari Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah.
  • DIAS YOANTIKA, S.E. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

 

Acara dilanjutkan dengan ucapan kesan dan pesan yang diwakilkan oleh Domi Cahyo Damai, M.E. Kesan dan pesan pertama yang diungkapkan adalah rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan acara wisduda ini. Lebih lanjut saudara Domi mengungkapkan Apa yang kita peroleh dari gelar ini merupakan gelar duniawi, yang nantinya akan menolong kita di akhirat kelak, karena semua ini akan kita pertanggungjawabkan.” Kemudian tak lupa rasa terimakasih terbanyak dihaturkan kepada orang tua karena semua ini tidak akan terwujud tanpa adanya dorongan dan doa dari orang tua kita semua. Tepuk tangan riuh nampak diberikan kepada semua yang hadir dalam ruangan itu atas kesan dan pesan yang begitu menyentuh.

Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo, yang kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Ponorogo, Drs. H. Soedjarno, MM. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada semua Civitas Akademika IAIN Ponorogo yang telah sukses atas terselenggarakannya proses wisuda periode ini. Tak lupa diucapkan selamat kepada orang tua dari mahasiswa mahasiswi yang pada pagi ini putra putrinya telah diwisuda. Kepada para wisudawan beliau berpesan, “Semoga para wisudawan agar dapat mengabdi kepada masyarakat untuk dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dari perkuliahan selama ini”. Pada akhir sambutannya, Bapak Wakil Bupati mendoakan semoga secepatnya IAIN dapat menjadi UIN, sesuatu yang didambakan oleh semua pihak.

Acara dilanjutkan dengan Amanat rektor IAIN Ponorogo, ibu Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag. Dalam pembukaan amanatnya beliau memaparkan wisuda IAIN Ponorogo dalam setahun terjadwal melakukan sebanyak 4 kali. Dalam kesempatan ini mahasiswa yang diwisuda sebanyak 406 wisudawan. Selanjutnya beliau memberikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah diwisuda pada hari ini, “ Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi berkah dengan disumbangkannya ilmu ini kepada masyarakat”.  Agar para wisudawan dan wisduwati dapat terus belajar, baik untuk meningkatkan ke taraf S2 maupun terus belajar di kampus kehidupan. “Selamat jalan dan semoga sukses, amin. Selalu tegakkan Pancasila dan berpedoman bahwa NKRI Harga Mati”. Itulah pesan penutup dari ibu rector kepada wisudawan dan wisudawati. Pesan yang selalu beliau berikan di banyak kesempatan, guna untuk terus mendorong Kesatuan republic Indonesia.

(Humas IAIN Ponorogo)

Visit us at:
Website : www.iainponorogo.ac.id
Facebook : IAINPonorogo
Instagram : @humas_iain_ponorogo
Twitter : @Ponorogo_IAIN

Berita Lainnya