“Etika Jawa” Sebuah Tawaran Paradigma Pluralitas Untuk Nusantara

“Etika Jawa” Sebuah Tawaran Paradigma Pluralitas Untuk Nusantara

IAIN Ponorogo – Jumat, 1 November 2019. Di Aula Pasca IAIN Ponorogo, bapak Ahmad Lutfi, M.Fil.I mengadakan bedak buku yang ditulisnya sendiri dengan judul “ETIKA JAWA Sebuah Tawaran Paradigma Pluralitas Untuk Nusantara”. Kegiatan ini diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri atas mahasiswa Pasca Sarjana dan Sarjana IAIN Ponorogo serta untuk umum.

Buku ini menceritakan tentang ETIKA JAWA yang merupakan titik dimana ajaran primodialitas agama bias berubah ke ajaran harmonis. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan ajaran etnis jawa yang menekankan harmonisasi, dari sana agama samawi harus mengadaptasi doktrin asli teologisnya untuk tidak mengabaikan ajaran harmonisasi etnis Jawa agar ajaran samawi tersebut bisa dianut oleh orang Jawa.

Di buku ini bapak lutfi menunjukkan sisi etika jawa yang memiliki kekuatan pertahanan pertahanan diri terhadap agama samawi yang dating ke Jawa. Etika jawa bias menerima ajaran agama samawi untuk diadaptasikan dengannya dan disisi yang lain dia bisa mempertahankan diri untuk tidak hilang jati dirinya. Karena itu watak harmoni etika jawa tidak menunjukkan harmoni yang pasif tapi justru sebaliknya. Kekuatan harmoninya mampu bertahan tanpa sikap eksklusif dan terbuka tanpa kehilangan jati diri. (Humas IAIN Ponorogo)

Visit us at:
Website : www.iainponorogo.ac.id
Facebook : IAINPonorogo
Instagram : @humas_iain_ponorogo
Twitter : @Ponorogo_IAIN

Translate »